Disdagperinkop Bina Pelaku Usaha Melalui Pelatihan SDM

Kepala Dinas DagperinkopUKM Buleleng Dewa Made Sudiarta
Kepala Dinas DagperinkopUKM Buleleng Dewa Made Sudiarta

BULELENG, balipuspanews.com – Geliat UKM di Kabupaten Buleleng terus ditingkatkan, salah satunya adalah industri gula aren di Desa Pedawa. Untuk itu, Pemkab Buleleng melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah (DagperinkopUKM) terus mengupayakan pelatihan bagi (Sumber Daya Manusia) SDM pelaku usahanya.

Kepala Dinas DagperinkopUKM Buleleng Dewa Made Sudiarta saat dikonfirmasi Kamis (28/1/2022) mengatakan, upaya tersebut dilakukan melalui program peningkatan kapasitas pelaku UKM di Kabupaten Buleleng rencananya akan diselenggarakan pada bulan Maret.

“Ini rencananya diadakan Maret depan untuk memberikan pelatihan agar kapasitas khususnya pelaku UKM bisa lebih meningkat secara perlahan,” jelasnya.

Adapun pembinaan yang diberikan antara lain meliputi pembinaan pemrosesan produk, pengemasan, dan pemasaran digital. Seluruhnya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

Baca Juga :  Puncak Perayaan HUT ke-529 Kota Tabanan Dimeriahkan dengan Penampilan Para Seniman

Melalui pembinaan tersebut, diharapkan olehnya pihak pelaku UKM dapat meningkatkan daya saing dan daya jual produk mereka untuk dapat menembus pasar yang lebih luas lagi baik lokal maupun mancanegara.

“Nantinya melalui hal ini diharapkan bisa juga meningkatkan peluang untuk bersaing di pasar yang lebih luas,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan