Ni Ketut Puspa Kumari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karangasem
Ni Ketut Puspa Kumari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karangasem
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karangasem merencanakan semua pengurusan terkait dengan administrasi kependudukan berbasis online.

Hal ini dikemukakan oleh Ni Ketut Puspa Kumari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karangasem saat ditemui siang ini, Rabu (20/11/2019).

“Kita sedang merancang kearah go digital sesui dengan program pusat, nantinya semua pengurusan administrasi kependudukan bisa lewat online,” kata Puspa Kumari.

Pihaknya sendiri saat ini tengah merancang, segala bentuk pengurusan adminiatrasi kependudukan agar bisa diurus secara online baik itu melalui website maupun aplikasi dan sejenisnya.

Bahkan saat ini, untuk mempermudah layanan, masyarakat bisa mengakses seperti pembuatan akte dan pencetakan Suket dengan hanya mengirimkan photo persyaratan saja via email dialamat @[email protected] nantinya setelah diproses pemohon akan mendapat notifikasi balasan via email.

“Kirim saja photo suketnya keemail kita, jika pasokan belangko sudah datang akan langsung dicetak dan yang bersangkutan akan mendapat pemberitahuam juga dari email jika sudan selesai,” tandas Puspa Kumari.

Selain itu, untuk perubahan data juga bisa dilakukan lewat email ini, dimana yang bersangkutan tinggal photo saja kartu identitas serta mencantumkan atas perubahan data yang akan dilakukan, serta diarahkan untuk langkah – langkah lebih lanjut.

Puspa Kumari juga mengatakan, program Go Online ini juga bisa langsung disinkronisasikan dengan Desa – Desa, hanya saja Desa bersangkutan juga harus menerapkan sistem administrasi kependudukan berbasis online seperti yang telah diterapkan di Desa Duda Timur.

Khusus untuk pencetakan KTP, saat ini pihaknya terkendala blangko KTP. Pasalnya sejauh ini dari jumlah yang telah diamprah Disdukcapil hanya sebagaian kecil yang bisa dikeluarkan.

Untuk bulan ini, Disdukcapil Karangasem hanya kebagian jatah sebanyak 500 blangko sedangkan sejauh ini ada sebanyak 1700 suket yang menanti belangko untuk pencetakan KTP. (suar/bpn/tim)