Kamis, Juni 20, 2024
BerandaDenpasarDisertasi 'Model Kualitas Pelayanan Jalan di Kawasan Wisata' Antar Wirahani Raih Doktor

Disertasi ‘Model Kualitas Pelayanan Jalan di Kawasan Wisata’ Antar Wirahani Raih Doktor

DENPASAR, balipuspanews.com – Setelah berproses menempuh kuliah doktor di Program Studi Doktor Ilmu Teknik (PSDIT) Universitas Udayana, Ida Bagus Wirahaji, ST., MT berhasil mencapai puncak dari gelar akademik yang ditunggu-tunggu yaitu ujian terbuka promosi doktor. Setelah berlangsung ujian, akhirnya Promovenda sukses memperoleh gelar doktor dengan predikat sangat memuaskan.

Dengan berlangsung ujian promosi doktor, Dr. Wirahaji tercatat sebagai doktor ke-59 yang berlangsung pada hari Jumat, 15 Desember 2023 lalu. Acara tersebut digelar di Aula Pascasarjana Gedung Pascasarjana Lantai 3 Universitas Udayana, Jl. PB Sudirman Denpasar.

Acara promosi doktor ini tidak hanya menjadi momen penting bagi Ida Bagus Wirahaji tetapi juga memperkaya literatur ilmiah di bidang teknik, khususnya dalam konteks hubungan antara pariwisata dan transportasi yang memiliki dampak luas terhadap pengembangan kawasan wisata di masa depan.

Wirahaji dalam kesempatan ini mengangkat Disertasi yang berjudul “Model Kualitas Pelayanan Jalan di Kawasan Wisata”. Menurutnya, yang melatarbelakangi mengangkat disertasi ini karena ada hubungan erat antara pariwisata dan transportasi.

BACA :  Tampil Perdana di PKB, Joged Bumbung Kota Denpasar Tampil Memukau

Ida Bagus Wirahaji menyajikan hasil studi yang menunjukkan perlunya pengembangan model kualitas pelayanan jalan raya di kawasan wisata. Ditambahkan, kepemilikan mobil memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan penduduk dan penggunaan lahan, yang berdampak pada penggunaan kendaraan pribadi.

Arus lalu lintas, lanjut Wirahaji, di kawasan wisata memegang peran penting dalam mediasi antara sistem transportasi, pertumbuhan penduduk, dan penggunaan kendaraan pribadi terhadap kualitas pelayanan lalu lintas jalan.

Koordinator PSDIT dan selaku Ketua Sidang Prof. Dewa Made Priyantha Wedagama, ST., MT., MSc., Ph.D., mengevaluasi disertasi tersebut. Promotor, ko-promotor I dan II yang terlibat dalam pembimbingan Ida Bagus Wirahaji adalah Prof. Ir. Putu Alit Suthanaya, ST., M.Eng.Sc., Ph.D., Prof. Dewa Made Priyantha Wedagama, ST., MT., MSc., Ph.D., dan Dr. A.A Gde Agung Yana., ST., MT.

Selain itu, para penyanggah yang terlibat dalam sidang promosi doktor ini melibatkan sejumlah pakar di bidangnya, antara lain Prof. Ir. I. Nyoman Arya Thanaya, M.E., Ph.D., Prof.Dr.Ir. Ngakan Made Anom Wiryasa, MT., IPM., Prof.Dr.Ir. Nyoman Budiartha RM., M.Si., Prof. Dr. Ir. I Dewa Ketut Sudarsana, MT., Dr.Ir. I Wayan Suweda, MSP., M.Phil, dan Dr.Ir. I Made Agus Ariawan, ST., MT.

BACA :  Pedagang Pindang Beralih Profesi jadi Pengoplos Gas, Jual Tabung Rp 200 Ribu

Sumber: www.unud.ac.id/ft/Disertasi ‘Model Kualitas Pelayanan Jalan di Kawasan Wisata’ Antar Wirahani Raih Doktor

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular