Jumat, Juni 21, 2024
BerandaDenpasarDisertasi 'Pengelolaan Sumber Daya Air Terintegrasi' Antar Lanang Parwita Raih Doktor

Disertasi ‘Pengelolaan Sumber Daya Air Terintegrasi’ Antar Lanang Parwita Raih Doktor

DENPASAR, balipuspanews.com – Program Studi Doktor Ilmu Teknik (PSDIT) Universitas Udayana kembali menelurkan seorang Doktor. Hal ini mengemuka saat digelarnya ujian promosi doktor ke-60 pada Senin, 18 Desember 2023. Acara berlangsung di Aula Pascasarjana Gedung Pascasarjana Lantai 3 Universitas Udayana, Jl. PB Sudirman Denpasar.

Promovenda I Gusti Lanang Made Parwita, ST., MT berhasil meraih gelar doktor dengan predikat sangat memuaskan berkat disertasinya yang berjudul “Pengelolaan Sumber Daya Air Terintegrasi Untuk Pemenuhan Air Bersih dan Irigasi Subak Secara Berkelanjutan di Provinsi Bali”.

Dr. Parwita menjelaskan, penelitiannya bertujuan untuk meningkatkan dan menjaga kualitas pelayanan air bersih sambil melestarikan sistem pertanian tradisional Subak. Studi ini merekomendasikan bahwa untuk mengatasi pengelolaan sumber daya air di Bali, perlu diidentifikasi beberapa kebutuhan utama, termasuk peningkatan koordinasi antar lembaga terkait untuk memastikan integrasi dalam upaya perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan.

Dalam sidang terbuka promosi Doktor ini Prof. Dewa Made Priyantha Wedagama, ST., MT., MSc., Ph.D., Koordinator PSDIT, bertindak sebagai ketua sidang dalam didampingi Promotor, ko-promotor I dan II yang terlibat dalam pembimbingan I Gusti Lanang Made Parwita adalah Prof. Ir. I Gusti Bagus Sila Dharma, M.T., Ph.D., Dr. Mawiti Infantri Yekti, S.T., M.T, dan I Putu Gustave Suryantara P, S.T., M.Eng., Ph.D.

BACA :  Korban Tewas Insiden Kebakaran Gudang Gas Kini 17 Orang

Selain itu, para penyanggah yang terlibat dalam sidang promosi doktor ini melibatkan sejumlah pakar di bidangnya, antara lain Prof. Dr. I Nyoman Rai, M.S., Prof. Dr. Ir. I Ketut Suamba, M.P., Prof. Dr. Ir. I Gusti Ngurah Santosa, M.S., IPU., ASEAN.Eng., Prof. Dr. Ir. I Made Alit Karyawan Salain, DEA, dan Dr. Ir. I Gusti Ngurah Kerta Arsana, MT.

Hadir sebagai undangan akademik dari Universitas Negeri Hindu Indonesia (UNHI) turut hadir dalam acara ini, diantaranya Dr. Ir. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T., IPU, ASEAN.Eng., APEC.Eng., Prof. I Dewa Made Cipta Santosa, ST., M.Sv., Ph.D dan Dr. Ir. I Wayan Suparta, M.Si, MT.

Dengan suksesnya Promovenda meraih gelar doktor dan Prodi Doktor Unud sukses menelurkan seorang Doktor baru, menjadi bukti kemajuan dalam riset ilmiah yang mendukung pembangunan berkelanjutan di Provinsi Bali.

Sumber: www.unud.ac.id/ft/Disertasi ‘Pengelolaan Sumber Daya Air Terintegrasi’ Antar Lanang Parwita Raih Doktor

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular