Muhammad Bundhowi Kurator Museum Rudana saat Diskusi
Muhammad Bundhowi Kurator Museum Rudana saat Diskusi
sewa motor matic murah dibali

RENDANG,  balipuspanews.com -Narasi, tagline serta visi dan misi menjadi bagian pengembangan museum beji bukit jambul, Pesaban, Rendang, Karangasem.

“Saya tawarkan tagline LD of Paradise, Spring of Paradise serta Pontain of The Paradise,” kata Muhammad Bundhowi Kurator Museum Rudana saat Diskusi dalam Rangkaian HUT ke 3 BALIPUSPANEWS.COM (14 November 2019) “Dari Mata Hati Untuk Mata Air” dengan tema  “Pelestarian Mata Air Keramat dan Rilief Jaman Batu Sebagai Living Museum Beji” telah dilaksanakan di Wantilan Pura Dalem Suci, Desa Pesaban, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Minggu (6/10/2019)

Dari tiga tagline yang dilontarkan pria yang juga seniman photo ini mendapatkan pilihan para peserta yang hadir yang secara spontan menyebutkan Spring of Paradise.

Begitu tagline dipilih Bundhowi langsung memberi arti kalau Spring of Paradise itu adalah mata air surgawi.

“Spring itu bisa disingkat Spritual (S), Peacefull (P) Religius (R) Inspiration (I), Natural (N)..Grand (G),  tagline ini penting untuk pemasaran dunia,” ujarnya.

Lebih jauh, Bondhuwi menjelaskan Museum adalah institusi permanen,nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan.

Karena itu ia bisa menjadi bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi kekhasan masyarakat tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif pada masa depan.

Dalam pembangunan museum ada beberapa hal yang mesti ditelorkan yalni Ide dan Konsep, Brainstorming, pembentukan kepengurusan, inventarisasi, riset dan penelitian, advikasi dan pengumuman, pengerjaan (pemasaran dan promosi), pencangan,pelaporan, penggalangan.

Saat ini ada sejumlah museum yakni museum arkeologi, museum seni, museum ensiklopedia, museum rumah bersejarah, museum sejarah, museum sejarah hidup, museum maritim, museum militer dan perang, museum seluler, museum sejarah alam,  museum terbuka, museum munculan, museum sains dan museum hidup.

Secara umum LIVING MUSEUM memiliki pengertian merekreasikan  dan menafsirkan latar sebuah sejarah periode masa lampau, dari sebuah budaya, lingkungan alam  dan
periode sebuah sejarah. (art/bpn/tim)