Selasa, Mei 21, 2024
BerandaKarangasemDitanya Pernyataan Gubernur Soal Ogoh-Ogoh, Disbudpar Karangasem Tunggu Arahan Disbud Provinsi

Ditanya Pernyataan Gubernur Soal Ogoh-Ogoh, Disbudpar Karangasem Tunggu Arahan Disbud Provinsi

KARANGASEM, balipuspanews.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karangasem sepertinya belum bisa berbicara banyak terkait dengan tindak lanjut video pernyataan Gubernur Bali yang memberikan kesempatan pelaksanaan ogoh-ogoh di Banjar dengan jumlah peserta dibatasi sebanyak 25 orang.

Tak sampai disana, seperti yang disampaikan dalam video yang beredar, Gubernur Bali juga akan melakukan penilaian terhadap ogoh-ogoh yang telah dibuat, bahkan pihaknya mengaku akan memberikan hadiah jutaan hingga puluhan juta rupiah bagi ogoh-ogoh dengan penilaian terbaik ditingkat Kecamatan dan Kabupaten.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kadisbudpar Karangasem, I Wayan Astika saat ditemui, Kamis (17/2/2022) siang, mengaku masih menunggu arahan lebih lanjut dari Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

“Tentunya kami akan mengikuti petunjuk dari Disbud Provinsi, kami sudah berkoordinasi dengan Disbud Provinsi, namun katanya masih merapatkan hal tersebut dan kami belum mendapatkan jawaban,” ujar Astika.

Menurut Astika, ditahun 2022 ini Disbudpar Karangasem sejatinya tidak merancang anggaran untuk kegiatan lomba ogoh – ogoh. Memang pada tahun 2021 ada penilaian ogoh-ogoh ditempat tanpa ada pengarakan dan itu merupakan program dari Disbud Provinsi Bali. Saat itu Disbud Karangasem hanya mempersiapkan Jurinya saja sedangkan untuk seluruh anggarannya berasal dari Disbud Provinsi.

BACA :  Overstay dan Tidak Mampu Bayar Biaya Perpanjangan, WN Rusia Dideportasi

Sementara itu, sejauh ini dari data yang pihak Disbud peroleh, di Kabupaten Karangasem sementara yang terdata baru 16 desa adat yang membuat ogoh-ogoh dalam perayaan Hari Raya Nyepi tahun Saka 1944, hanya saja jumlah tersebut kemungkinan bisa bertambah karena menurut informasi dibeberapa lokasi yang belum terdata dikabarkan ada proses pembuatan ogoh-ogoh yang sedang berlangsung.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular