Ditengah Gunung Kritis, Karangasem Raih Opini WTP dan Penghargaan Kementrian

Pemerintah Kabupaten Karangasem dibawah kepemimpinan I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Wayan Artha Dipa dalam memimpin Bumi Lahar Karangasem sebagai Bupati dan Wakil Bupati berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

Karangasem, balipuspanews.com – Ditengah gunung lagi kritis, Pemerintah Kabupaten Karangasem dibawah kepemimpinan I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Wayan Artha Dipa dalam memimpin Bumi Lahar Karangasem sebagai Bupati dan Wakil Bupati berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2016.

Penilaian itu merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat, setiap Pemerintah Daerah (Pemda) harus melaporkan penggunaan dana dalam bentuk laporan keuangan yang tersusun dengan baik.

Laporan keuangan tersebut akan diperiksa oleh BPK dan kemudian diberikan opini. Opini merupakan pernyataan professional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Opini yang diberikan adalah 1) Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)/Unqualified Opinion 2) Wajar dengan pengecualian (WDP)/Qualified Opinion 3) Tidak wajar/Adverse Opinion 4) Tidak memberikan pendapat/Disclaimer Opinion.

Baca Juga :  Gasak Perhiasan, Pria asal Kubutambahan Ini Diamankan Polres Karangasem

Dan setiap Pemda wajib mendapatkan Opini WTP. Opini WTP adalah instrument dalam pengambilan keputusan yang tepat sebagai bentuk akuntabilitasnya laporan keuangannya.

Piagam Penghargaan tersebut diserahkan Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Perwakilan Provinsi Bali Dedi Sopandi kepada Pemerintah Kabupaten Karangasem diterima langsung Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri bersama Wabup Artha Dipa di Ruang Pertemuan Bupati Karangasem, Kamis (19/10).

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri usai menerima penghargaan mengaku, keberhasilan Pemkab. Karangasem meraih penghargaan WTP atas Laporan Keuangan Pemda Tahun Anggaran 2016 tidak lepas dari dukungan seluruh pihak, termasuk seluruh OPD di Jajaran Pemkab. Karangasem. Bupati pun mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan tersebut.

Baca Juga :  Disbudpar Akui Belum Maksimal Awasi Aktivitas Wisata Rafting di Karangasem

“Tentu ini patut disyukuri. Sebuah kebanggaan bagi daerah Karangasem karena menerima penghargaan dari Kementrian Keuangan RI,” ujarnya.

Namun begitu Bupati juga menegaskan bahwa dengan diperolehnya penghargaan ini, wajib bagi Pemkab. Karangasem untuk mempertahankannya.

”Dengan bekerja tetap berpegang teguh pada peraturan penyelengaraan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel serta bermartabat, niscaya penghargaan ini bisa kita pertahankan,”ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Mas Sumatri berterimakasih kepada semua teman-teman OPD karena atas jerih payahnya laporan keuangan Pemkab. Karangasem tetap pada peringkat sesuai yang diharapkan.

Pihaknya juga berharap agar semua komponen termasuk OPD harus terus bersama-sama meningkatkan kualitas kerja untuk bisa terus mempertahan penghargaan itu, karena mempertahankan Opini WTP tidak bisa hanya dibebankan kepada instansi tertentu saja tapi merupakan bagian dari tim work Pemkab. Karangasem.

Baca Juga :  Apresiasi Aksi Heroik Penyelamatan Penumpang Kapal Terbakar, KSOP Padangbai Berikan Pas Kecil Gratis

“Yang menjadi kunci sukses WTP adalah komitmen dan kerjasama,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Dedi Sopandi menyampaikan,: Kedatangan kami untuk penyampaikan penghargaan dari pemerintah dalam hal ini Kementrian Keuangan RI kepada Pemerintah Kab. Karangasem karena laporan keuangan Pemkab. Karangasem tahun 2016 mendapatkan Opini tertinggi dari BPK RI yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Opini WTP ini untuk Pemkab Karangasem didapat untuk yang ke dua kalinya, dan mudah-mudahan Opini WTP ini bisa terus dapat dipertahankan,”ucapnya