Dirut RSUD Klungkung dr Nyoman Kesuma/layanan Urologi RSUD Klungkung
Dirut RSUD Klungkung dr Nyoman Kesuma/layanan Urologi RSUD Klungkung

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Ditengah kesibukan melayani pasien terkait covid-19, RSUD Kabupaten Klungkung, namun RSUD Klungkung sejak sabtu 2 Mei 2020 yang lalu telah membuka layanan baru yakni layanan spesialis Urologi bagi pasien yang membutuhkan penanganan tersebut.

Direktur RSUD Kabupaten Klungkung dr. Nyoman Kesuma, MPH membenarkan, Minggu(5/7) ketika dikonfirmasi terkait layanan Urologi di RSUD Klungkung tersebut.

Selama ini menurut pria bertubuh ceking ini, banyak masyarakat yang menanyakan ketersediaan layanan urologi, sehingga kita harus tanggap akan keluhan masyarakat sekaligus peningkatan kualitas layanan di RSUD Klungkung.

Ditambahkannya bahwa Layanan urologi mulai dibuka sejak 2 Mei 2020 yang lalu setelah kami memiliki dokter spesialis urologi dan persiapan pembukaan klinik sejak awal april 2020 yang lalu.

Pelayanan ini dibuka untuk melengkapi layanan spesialis sebagai RS Kelas B sehingga kasus kasus urologi seperti batu saluran kemih, pembesaran prostat, infeksi saluran kemih yang sebelumnya harus dirujuk ke RS lain bisa dilakukan di RSUD Klungkung.

Sebagai RS rujukan covid-19, pembukaan layanan urologi tidak menggangu layanan pasien Covid-19 karena sudah ada tim penanganan pasien Covid-19 dan ruangan isolasi covid-19 terletak di zone yang berbeda.

Kami juga sedang menyiapkan ruang operasi khusus pasien Covid-19 agar ruang operasi tidak bercampur dengan pasien bukan covid-19 dengan memanfaatkan ruangan operasi lama yang belum terpakai.

Dengan demikian apabila ada pasien covid-19 yang memerlukan operasi tidak perlu menunggu sampai swab negatif.

Dengan dibukanya layanan spesialis urologi di RSUD Kabupaten Klungkung semoga pasien yang selama ini berobat atau terpaksa dirujuk keluar kabupaten klungkung segera bisa ditangani di RSUD Klungkung.

Secara bertahap kami akan melengkapi sarana prasarana dan alat kesehatan yang dibutuhkan sehingga harapannya pasien bisa total ditangani di RSUD Klungkung, jelasnya.

“Dengan adanya kebutuhan dan banyaknya kasus, maka tahun ini kami buka layanan spesialis urologi,” Ujar dr Nyoman Kesuma optimis.

Penulis : Roni

Editor : Oka Suryawan

Facebook Comments