Jumat, Maret 29, 2024
BerandaDenpasarDitengah Pandemi Covid-19 dan Terapkan Prokes yang Ketat, Apel Peringatan Hari Pahlawan...

Ditengah Pandemi Covid-19 dan Terapkan Prokes yang Ketat, Apel Peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2020 Di Kota Denpasar Berjalan Khidmat

DENPASAR, balipuspanews.com – Kendati di tengah situasi pandemi Covid-19, Apel peringatan Hari Pahlawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 November tetap berjalan dengan khidmat.

Diperingati dengan pengibaran Bendera Merah Putih, apel pada hari ini, Selasa (10/11/2020) dilaksanakan di Gedung Legiun Veteran RI Denpasar, Jl. Suropati, Denpasar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Apel dipimpin Sekretaris Dinas Sosial Kota Denpasar, Nyoman Artayasa dihadiri Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Denpasar, jajaran terkait lainnya hingga dari unsur TNI, Polri, siswa sekolah, Guru, dan pecalang.

Usai pelaksanaan Apel juga digelar acara ramah tamah dengan para Veteran Pejuang Kemerdekaan RI di Kota Denpasar.

Meski berlangsung ditengah situasi pandemi Covid-19 tak mengurangi makna dan kekhidmatan dari Apel Peringatan Hari Pahlawan Nasional, 10 Nopember 2020 ini.

Apel tetap diisi dengan sejumlah kegiatan seperti pembacaan Teks Proklamasi, dan Pancasila.

Selain itu juga penyerahan sembako kepada Veteran secara simbolis oleh Sekretaris Dinas Sosial Kota Denpasar, Nyoman Artayasa bersama Ketua LVRI Kota Denpasar Djero Wiladja.

BACA :  Hingga Akhir Februari, Kanwil DJP Bali Kumpulkan Penerimaan Pajak Sebesar Rp 2,24 Triliun

Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara dalam amanatnya yang dibacakan Sekretaris Dinas Sosial Kota Denpasar, Nyoman Artayasa menyampaikan ditengah pandemi Covid-19 kita tetap melaksanakan peringatan Hari Pahlawan Nasional 2020 dengan khidmat tentunya dengan peserta terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kedaualatan NKRI patut terus dikenang sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka.

Kalau dulu dengan mengangkat senjata, kini berjuang menghadapi segala permasalahan bangsa seperti kemiskinan, kebodohan bencana alam, narkoba, termasuk berjuang menghadapi pandemi Covid-19 yang kini melanda negeri.

Kendati dalam masa pandemi Covid-19, peringatan Hari Pahlawan 2020 diharapkan tidak kehilangan maknanya bahkan dapat memberi energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu.

Semangat kepahlawanan yang terus menyala dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan dalam melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa ini.

Jika dapat menanamkan nilai kepahlawanan ini, maka kita akan dapat menyelesaikan segala permasalahan.

BACA :  Pj Gubernur Sampaikan Pandangan Ranperda Insentif Kemudahan Investasi dan PUG

“Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini,” demikian yang disampaikan.

Sementara Ketua LVRI Kota Denpasar Djero Wiladja mengatakan, selama revolusi fisik khususnya di Kota Denpasar telah terjadi beberapa kali pertempuran mengakibatkan korban jiwa hingga 70 orang.

Para pejuang kemerdekaan tersebut telah diabadikan di Taman Pujaan Bangsa Margarana Tabanan, dan beberapa juga sudah ada diabadikan di Kota Denpasar berupa patung dan tonggak-tonggak sejarah.

“Puji syukur kita dapat memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2020 meskipun ditengah situasi pandemi covid-19. Dengan juga keikutsertaan Yayasan Sosial Cakra Cemerlang Internasional dan SMK Peberbangan Cakra Nusantara melaksanakan bakti sosial bekerjasama dengan Dinsos Kota Denpasar. Kami mengapresiasi perhatiannya terhadap para veteran pejuang kemerdekan di Kota Denpasar. Harapan kami generasi muda semakin tergugah dalam mengisi kemerdekaan ini dan meneruskan cita cita para pendiri bangsa,” jelasnya.

Komang Triska Jayanti dari Yayasan Sosial Cakra Cemerlang Internasional menyampaikan bahwa masyarakat luas juga dapat menyalurkan bantuan untuk meringankan kepada veteran yang membutuhkan di Kota Denpasar.

BACA :  Gandeng Badan Zakat Nasional Denpasar, OJK Bali Beri Edukasi Keuangan Syariah

“Kami membuka bantuan melalui No Rekening 054020232681-1 BPD Bali Kode Bank 129 /an Yayasan Sosial CCI,” kata Triska Jayanti.

Penulis: Ni Kadek Rika Riyanti

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular