Ditengah Pandemi, Persidangan di PN Denpasar Dilakukan Daring

Wakil Ketua PN Denpasar Wayan Gede Rumega
Wakil Ketua PN Denpasar Wayan Gede Rumega

DENPASAR, balipuspanews.com – Semenjak pandemi Covid-19 jalannya persidangan di Pengadilan Negeri Denpasar dilangsungkan secara daring.

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Denpasar I Wayan Gede Rumega, Rabu (12/8/2020) mengatakan, jalannya persidangan pidana dilakukan secara video conference (Vicon), para tahanan yang menjalani sidang yang berada di tahanan Polsek, Polres, Polda atau di Rumah Tahanan dengan sistem standby di tempat ditahan, kemudian sidang dilakukan dengan Video conference.

Terkait jalannya sidang, bagi para pengunjung atau keluarga yang disidangkan, pihaknya tetap diberikan kesempatan untuk menyaksikan dan memberi dukungan moral, namun tetap secara ketat menjalankan protokol kesehatan.

Adapun protokol yang dijalankan PN Denpasar seperti pengecekan suhu tubuh, menyediakan wastafel untuk mencuci tangan, membatasi jumlah di ruang sidang dan memberi jarak tempat duduk.

“Seperti hari ini, sidang perdata dilakukan pada hari Senin dan Rabu, kita berikan jumlah 90 orang yang bisa berada dalam ruang sidang, selebihnya agar menunggu di luar ruangan. Ini untuk menjaga jarak,” tegasnya.

Kendatipun dalam suasana pandemi Covid-19, pelayanan hukum tetap berjalan sebagaimana biasanya, namun dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan. Selanjutnya untuk sidang pidana, dijadwalkan pada hari Selasa dan Kamis.

Dalam suasana pandemi Covid-19 ini, pihaknya menyesuaikan dengan kondisi dalam rutan atau tempat ditahan, penyesuaian dimaksud seperti pernah terjadi ada salah seorang penghuni tahanan yang dinyatakan reaktif dan hasil swab dinyatakan positif, akhirnya semua yang berada dalam ruangan tersebut harus diisolasi dan harus menunggu untuk jalannya sidang berikutnya.

Selain itu, kendala yang dihadapi dalam sidang via vicon ini juga mengalami hambatan karena keterbatasan sarana dan prasarana yang ada.

“Kadang dalam sidang bisa mengalami suara tidak masuk atau tidak jelas yang harus menunggu waktu lama conectingnya,” ujarnya.

Pun dalam kondisi seperti ini, pihaknya tetap semangat ingin menjalankan dan memberi pelayanan dengan baik kepada masyarakat.

PENULIS : Nengah Budiarta

EDITOR : Oka Suryawan