Ditengah Pedagang Kecil Tidak Dapat Tempat Berjualan, Banyak Kios di Pasar Galiran Justru Menjadi Gudang

270
Kios kios dipasar Galiran banyak yang beralih fungsi jadi gudang

Semarapura,balipuspanews.com– Ditengah masih  banyaknya pedagang kecil yang belum mendapatkan kios untuk berjualan dipasar Galiran, Klungkung, diam – diam banyak kios dipasar Galiran beralih fungsi menjadi gudang. Selain itu, ada pula kios yang dijual dibawah tangah oleh pemiliknya. Padahal, saat pengajuan untuk mendapatkan kios tersebut, pemilik dilarang untuk melakukan jual beli kios.

Balipuspanews.com Selasa ( 11/12/2018) pagi sempat mendatangi pasar sekitar pukul 06.00 Wita. Ternyata banyak kios yang tutup alias tidak dibuka setiap harinya.

Sumber dipasar Galiran yang tidak mau disebutkan identitasnya menyatakan, beralih fungsinya kios kios ini disebutkan karena berbagai alasan yang cendrung mencari pembenar saja.  Seperti disebutkan sumber lainnya salah seorang pedagang yang ditemui di pasar Galiran Pak Ketut menyatakan bahwa banyak kios-kios di seputaran pasar Galiran yang disewakan maupun dijual dibawah tangan ke pihak lain.

“ Malah  ada juga kios yang dimanfaatkan sebagai gudang semata maupun disewakan kepihak lain patalnya lagi dijual dibawah tangan,”sebutnya.

Dari pengamatannya disebutkan pula sering disaksikan pemilik kios  kucing-kucingan  jika ada pemeriksaan  dari petugas pasar Galiran. Mereka sengaja membuka kiosnya sekedar untuk menghindari pemeriksaan terhadap pemiliknya namun sejatinya kios  tersebut telah berpindah tangan alias disewakan maupun dijual di bawah tangan ke pihak lain.

Tentu hal ini tidak sesuai dengan peruntukan untuk memfasilitasi para pedagang kecil berjualan di pasar. Apalagi buktinya banyak pedagang kecil yang belum mendapatkan  tempat berjualan seperti kios dan terpaksa mereka tiap hari mereka berjualan di emper-emper dikawasan  pasar Galiran.

Ada satu  kios yang di sempat diinvestigasi milik seorang warga dari Sengguan nyatanya kios tersebut nyatanya telah disewakan maupun dikontrakkan ke pihak lain. Sumber menyebutkan para pedagang di pasar Galiran jelas-jelas dia baca aturan  yang tertera disurat perjanjian waktu penandatanganan mencari kios. Diperjanjian  sudah jelas tertera di larang mengalihkan ke pihak lain maupun mengontrakan atau menjual ke pihak lain, tapi nyatanya di lapangan malah semakin parah.

“ Dari total yang diamati ada sekitar 15 Kios di pinggir timur pasar Galiran saja  terbukti dimanfaatkan sebagai gudang maupun dialih fungsikan dikontrakkan ke pihak lain,”ujar Pedagang yang ditemui  menyatakan diri bernama Pak Ketut.(Roni)

Loading...