Harga sembako dipasar tradisional Karangasem tetap stabil
Harga sembako dipasar tradisional Karangasem tetap stabil

KARANGASEM, balipuspanews.com – Dinas Perindustrian dan Dagang (Disperindag) Kabupaten Karangasem gencarkan pemantauan situasi dan harga bahan pokok dipasar – pasar tradisional yang ada diwilayah Kabupaten Karangasem.

Pemantauan dilaksanakan bertujuan untuk menjaga kesetabilan harga bahan pokok serta memberikan himbauan agar warga masyarakat yang pergi ke pasar mengurangi interaksi social sesuai dengan himbauan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“ Ya, kita setiap hari lakukan pemantaun harga bahan pokok dibeberapa pasar tradisional yang ada di Kabupaten Karangasem, serta menghimbau agar warga membatasi iteraksi,” kata Kepala Dinas Perindag Kabupaten Karangasem, I Nyoman Sutrisna dikonfirmasi, Kamis (2/04/2020).

Menurut Sutrisna, sejauh ini selama pihaknya melakukan pemantauan, harga bahan pokok serta ketersediannya stok bahan pokok dibeberapa pasar tradisional Karangasem relative masih stabil serta tidak terlihat adanya pembelian dalam skala besar yang menandakan kepanikan.

Sementara itu, dari hasil pemantauan terakhir yang telah dilakukan disejumlah pasar tradisional, harga bahan pokok cenderung masih stabil hanya saja memang terjadi peningkatan harga terhadap beberapa jenis bahan pokok seperti bawang merah misalnya, di Pasar Amlapura harga bawang merah meningkat Rp 5 ribu sampai Rp 15 ribu dari harga sebelumnya Rp 30 ribu per kilogramnya.

Selain bawang merah, di pasar tradisional lainnya, terjadi peningkatan harga gula pasir dan beberapa kebutuhan pokok lainya, hanya saja peningkatnnya tidak terlalu signifikan hanya dikisaran Rp 500 rupiah per kilogramnya. (igs/tim/bpn)