Jumat, Februari 23, 2024
BerandaJembranaDiterjang Angin Kencang, Pohon Bertumbangan, Bale Gong Ambruk

Diterjang Angin Kencang, Pohon Bertumbangan, Bale Gong Ambruk

JEMBRANA, balipuspanews.com– Diawal tahun, bencana terjadi di Jembrana. Sebuah bangunan bale gong ambruk dan beberapa pohon tumbang dan menutupi jalan akibat diterjang angin kencang.

Kalaksa BPBD Jembrana, I Putu Agus Artana mengatakan angin kencang yang terjadi Senin (2/1/2023) sore menimbulkan kerusakan bangunan dan pohon tumbang. Bangunan yang paling parah kerusakannya adalah Bale Gong di Pura Gede Budeng, Desa Budeng, Kecamatan/Kabupaten Jembrana.

Bangunan Bale Gong berukuran 4×6 meter itu ambruk rata dengan tanah sekitar pukul 16.10 Wita akibat diterjang angin kencang. Akibat ambruknya Bale Gong itu kerama pengempon mengalami kerugian sekitar Rp 100 juta.

“Anggota dengan dibantu aparat desa dan masyarakat sudah membersihkan puing-puing bangunan itu,” ujarnya.

Kemudian angin kencang juga merobohkan sebatang pohon kamboja di median Jalan Sudirman, Kecamatan Jembrana dengan tinggi sekitar 5 meter tumbang dan menutupi sebagian jalan jurusan Denpasar-Gilimanuk itu sehingga membuat lalu lintas terganggu.

“Saat pohon itu tumbang tidak ada kendaraan yang melintas dibawahnya sehingga tidak ada yang tertimpa,” ungkapnya.

BACA :  TPPS Kabupaten Gianyar Evaluasi Program Pencegahan Stunting

Di Banjar Tembles, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana sebatang pohon perindang jalan juga tumbang. Pohon jenis mahoni dengan tinggi sekitar 10 meter dan diameter 50 cm itu tumbang ke jalan dan membuat arus lalulintas di jalan jurusan Denpasar-Gilimanuk mengalami kemacetan.

Di jalan nasional wilayah Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana sebelah timur showroom mobil sebatang pohon singaoore juga tumbang. Pohon setingi 10 meter itu tumbang ke jalan hingga mengganggu arus lalulintas.

“Penanganan sudah dilakukan dan tidak ada korban yang dilaporkan,” jelasnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular