Pohon waru setinggi 12 meter tumbang menimpa 3 unit sepeda motor dan 2 unit mobil di Banjar Goa, Desa Bedulu, Blahbtuh, Gianyar, Senin (3/6) siang. - Foto: ISTIMEWA

GIANYAR, Balipuspanews.com – Angin kencang yang terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Gianyar mengakibatkan satu batang pohon jenis Waru dengan panjang 12 meter dan berdiameter 50 cm tumbang yang menimpa 3 unit sepeda motor dan 2 unit mobil di Banjar Goa, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Senin (3/6) pukul 12.41 wita.

Adapun 3 unit sepeda motor yang tertimpa adalah sepeda motor mio bernomor polisi DK 6577 LE, motor karisma bernopol DK 2854 LB, motor scopy bernopol DK 6358 LX serta mobil inova bernopol DK 1068 AI dan mobil bernopol N 1766 BE.

“Ada tiga unit sepeda motor yang tertimpa serta dua unit mobil,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Gianyar Agung Oka Digjaya.

Mendapatkan laporan telah terjadi pohon tumbang tersebut, tim dari TRC BPBD Gianyar langsung terjun kelokasi untuk mengevakuasi kendaraan yang tertimpa dan membersihkan dahan serta batang pohon waru tersebut.

Proses evakuasi tidak berlangsung lama, tim BPBD Gianyar dibantu dengan masyarakat sekitar berhasil melakukan proses pembersihan serta evakuasi selama satu jam.

Oka Digjaya menyatakan bahwa tidak ada korban dalam peristiwa ini, namun kerugian mencapai puluhan juta.

“Beruntung tidak ada korban jiwa, hanya saja kerugian mencapai puluhan juta karena sepeda motor dan mobil mengalami yang tertimpa mengalami kerusakan,” katanya.

Sementara itu, selain aktor angin kencang, pohon waru tersebut tumbang juga dikarenakan oleh akarnya yang labil.

Tidak kuat menahan beratnya dahan serta dedaunan maka pohon tersebut tumbang ditiup angin yang cukup kencang.

Dari pantauan media ini,  beberapa pekan ini angin kencang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Gianyar dan salah satunya adalah Kecamatan Blahbatuh.(catur/bpn/tim).