Ketua Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid 19 Nyoman Suwirta
Ketua Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid 19 Nyoman Suwirta

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Seorang menantu Dokter positif Corona, mantan Camat Klungkung beserta anak sang dokter berumur 6 tahun positif COVID -19 di Klungkung.

Ketua Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 di Klungkung yang juga menjabat Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta Senin(1/6) menegaskan, pensiunan pejabat tersebut tertular COVID-19 dari menantunya yang bekerja sebagai dokter residen di salah saru rumah sakit di Denpasar.

“Dokter residen ini tugas di Denpasar, tapi sering mengunjungi keluarganya di Klungkung. Ia menularkan COVID-19 ke kedua mertuanya, dan anaknya,” ujar Bupati Suwirta prihatin.

Lebih detilnya dirinya mengatakan, setelah hasil SWAB keluar dan dinyatakan positif COVID-19, keempat orang itu dirawat di RSUP Sanglah.

Selanjutnya Dinkes Klungkung melakukan penelusuran, terhadap riwayat interaksi ke warga positif COVID-19 tersebut.

“Saat ini anggota keluarga lainnya sudah melakukan karantina mandiri di rumah. Kami akan secara berkala melakukan pemeriksaan kepada mereka,” pungkasnya.

Sementara itu kasus ini mendapat atensi khusus  Kadiskes Klungkung dr Made Adi Swapatni. Menurutnya dari Dinas Kesehatan Klungkung, telah menurunkan Timnya untuk melakukan tracing mendalami siapa saja yang pernah diajak kontak oleh dokter tersebut di Klungkung.

Petugas Dinas Kesehatan Klungkung sedang bekerja cepat melakukan penelusuran siapa saja yang diajak kontak yang terpapar ini.

Yang dipantau langsung dalam Tracing ini utamany  anggota keluarganya yang ada di Klungkung. Sebab, kedua mertua dokter ini, rupanya juga sudah terpapar dan dinyatakan positif Covid-19, setelah menjalani tes swab Minggu (31/5) malam.

“Istri dari dokternya tidak terpapar. Hanya kedua mertuanya dan anaknya sudah terpapar dan dinyatakan positif Covid-19, ” ujar Kadis Kesehatan Klungkung, dr Made Adi Swapatni, Senin (1/6) siang.

Lebih jauh Adi Swapatni yang juga mantan Dirut RSU Klungkung ini,selain melakukan tracing siapa yang diajak kontak dokter itu, Tim Petugas Dinas Kesehatan Klungkung juga terus melakukan tracing untuk mengecek mobilitas kedua mertuanya yang mantan pensiunan Camat  ini. Tujuannya untuk segera mengetahui dengan siapa saja keduanya sempat melakukan kontak lanjutan lagi.

“Setelah diketahui orang-orangnya, akan segera dilakukan tindakan serupa, berupa test swab terhadap seluruh orang yang pernah diajak kontak oleh mereka semua,” Terang dr Adi Swapatni prihatin dengan situasi tersebut.

Karena sudah terpapar positif Corona Virus Covid 9 dimana saat ini, menurut Swapatni, dokter ini bersama keduanya mertua dan satu cucunya sudah dibawa ke RSUP Sanglah untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Saya berharap dengan langkah cepat tracing melacak orang yang sempat diajak kontak, bisa segara memutus mata rantai penyebarannya sehingga tidak menimbulkan transmisi lokal yang lebih luas di Klungkung secara lebih dini,” Sebutnya.

Penulis/Editor : Roni/Putu Artayasa