DLH Buleleng Resmikan Bank Sampah Percantik Di Penuktukan, Kadis Harap Setiap Desa Ada Dua Bank Sampah

Peserta sosialisasi saat menerima pelatihan terkait pemilahan sampah di Desa Penuktukan, Senin (10/8/2020).
Peserta sosialisasi saat menerima pelatihan terkait pemilahan sampah di Desa Penuktukan, Senin (10/8/2020).

BULELENG, balipuspanews.com – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng terus berupaya atasi masalah sampah plastik melalui program bank sampah di masing masing kecamatan di Buleleng, salah satunya di Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula.

Harapannya melalui Bank Sampah bisa terus mengurangi pengiriman sampah ke TPA Bengkala sekaligus memberikan edukasi terkait manfaat sampah melalui program tersebut.

Pihak DLH Buleleng kembali resmikan bank sampah yang ke 192 di Penuktukan dengan nama Bank Sampah Penuktukan Resik Cinta Sampah Plastik (Percantik), Senin (10/8/2020).

“Kita sudah bentuk 192 Bank sampah di seluruh kecamatan yang ada di Buleleng salah satunya ya Bank Sampah Percantik ini yang ada di Desa Penuktukan, Ini upaya ini mengurangi sampah yang masuk ke TPA Bengkala nantinya,” ungkap Putu Ariadi Pribadi, S.STP., MAP. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng.

Lanjut Ariadi Harapan kedepan di masing masing desa agar ada lebih dari satu bank sampah sehingga masyarakat akan lebih mudah menjangkau.

“Saya berharap dalam satu desa nantinya bisa hadir lebih dari satu bank sampah selain sebagai upaya mendorong berkurangnya volume sampah nantinya juga bisa dijangkau dengan lebih mudah oleh masyarakat,” imbuhnya.

Senada dengan Kadis DLH Buleleng, Direktur Bank Sampah Induk Buleleng Bagus Made Suwija S,sos mengatakan tujuan bank sampah tidak lain agar masyarakat mengetahui manfaat bank sampah ini baik dari sisi ekonomi, dan lingkungan.

Sehingga dengan adanya bank sampah disini prinsipnya bank sampah pertama memberikan edukasi terhadap masyarakat kemudian harus ditangani langsung dan bisa menghasilkan benefit untuk masyarakat sendiri.

“Dengan adanya benefit tersebut mudah mudahan akan menambah semangat para pengurus di Bank Sampah Percantik. Kedepan bisa memang benar benar terealisasi pengurangan sampah ke TPA Bengkala,” singkatnya.

Sementara itU Direktur Bank Sampah Percantik Nyoman Wartawan menjelaskan Ide pembuatan bank sampah percantik sudah sejak lama ingin diwujudkan. Hal tersebut akhirnya bisa direspon oleh pihak DLH Buleleng untuk meresmikan.

Selain itu pihaknya bertujuan membuat Bank sampah Percantik sebagai wujud berkontribusi secara nyata terhadap bagaimana perbaikkan kualitas lingkungan khususnya di Desa Penuktukan

“Mudah mudahan kami bisa konsisten menjalani sehingga kedepannya akan terus berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Lanjutnya saat ini pihaknya sudah mendapatkan calon nasabah baru sekitar 20 orang. Nantinya kedepan pihaknya akan terus buka komunikasi agar masyarakat bisa menjadi nasabah bank sampah percantik.

Tak hanya itu pihaknya sudah menyusun program awal yang salah satu program akan dijalankan yakni program tabungan hari raya, dimana nantinya setiap nasabah akan menabung sampah kemudian pencairannya dilakukan setiap hari raya seperti Galungan misalnya.

“Kita lihat kondisi di desa terkait sampah belum ditemukan solusi yang pas sehingga muncul ide untuk membuat bank sampah ini meski kontribusinya minim tapi kedepannya kami sangat bersemangat hal ini nantinya agar bisa menggugah masyarakat untuk sama sama menjaga kualitas lingkungan,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan