Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBulelengDonor Plasma Konvalesen Serangkaian Hut TNI Ke 75 di Buleleng Diikuti 41...

Donor Plasma Konvalesen Serangkaian Hut TNI Ke 75 di Buleleng Diikuti 41 Pendonor

BULELENG, balipuspanews.com – Kegiatan serangkaian memperingati Hut TNI ke 75 Puluhan penyintas Covid-19 di Buleleng melakukan donor plasma konvalesen. Donor ini dilakukan oleh pasien yang sebelumnya sempat terkonfirmasi positif terpapar covid-19 kemudian sudah dinyatakan sembuh, sehingga dari kegiatan ini darah yang diambil dilakukan screening untuk diambil plasmanya yang akan didonorkan kepada pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala berat dan kritis.

Komandan Kodim (Dandim) 1609/Buleleng, Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto, SE.,M.I.K memaparkan acara serangkaian HUT ke 75 TNI ini terdiri dari pemberian paket sembako 150 paket, bedah rumah terhadap warga yang memerlukan, sejumlah 5 rumah dan penyerahan piagam penghargaan kepada penyintas Covid-19 di Buleleng yang melakukan donor plasma konvalesen, donor darah dan donor plasma konvalesen.

“Ini dijalankan sesuai dengan delapan wajib TNI yang salah satu poinnya yakni menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. Hingga saat berlangsung sebanyak 41 orang ikuti donor darah plasma, target kita 150 kantong darah,” jelasnya.

BACA :  Tri Rismaharini Apresiasi Ajik Krisna yang Bantu Kemensos Atasi Kemiskinan

Selanjutnya para relawan donor plasma konvalesen ini diberikan apresiasi berupa piagam penghargaan. Selain itu para pendonor yang pernah terpapar, namun dengan imunitas tubuh yang bagus akhirnya bisa sembuh dan bisa menolong rekan-rekan lain yang masih terkonfirmasi positif Covid-19 dengan cara donor plasma. Disamping itu pihaknya akan terus mendukung upaya-upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Buleleng.

“Mereka pernah terpapar, namun dengan imunitas tubuh yang bagus akhirnya bisa sembuh, kembali melakukan aktivitas seperti biasanya dan bisa menolong rekan-rekan lain yang masih terkonfirmasi positif Covid-19. Secara sukarela mendonorkan darah untuk diambil plasmanya,” ungkapnya.

Sementara itu hal senada disampaikan Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG yang mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan hal yang positif, selain itu pihaknya mengapresiasi pasien yang sudah pernah terpapar dan dinyatakan sembuh sudah secara sukarela membantu pasien lainnya yang masih berperang agar cepat sembuh dari covid-19.

“Yang melakukan ini adalah penyintas Covid-19. Penyintas Covid-19 ini adalah orang yang pernah dinyatakan positif Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh setelah mendapatkan hasil swab negatif,” ujarnya.

BACA :  Lomba Gerak dan Lagu Tingkat PAUD Meriahkan HUT Kota Singaraja ke 420

Lanjut Sutjidra yang juga selaku Ketua PMI Kabupaten Buleleng ini menerangkan hasil dari screening plasma tersebut, sore ini diharapkan sudah bisa didapatkan. Sehingga nantinya proses screening ini dilakukan untuk mengukur titer antibodi dari penyintas Covid-19. Bahkan puluhan orang yang secara sukarela melakukan donor plasma konvalesen tersebut akan diseleksi hasilnya. Sebab ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapat hasil yang sesuai harapan.

“Kalau titer antibodinya tinggi, itu sudah memenuhi syarat. Proses memisahkan sel darah dengan plasmanya ini dilakukan di Denpasar. Karena ini sangat efektif sekali seperti uji coba yang sudah dilakukan di Jakarta. Beberapa pasien dengan gejala berat dan kritis terbantu dengan adanya terapi plasma konvalesen ini,” pungkasnya.

Sementara dalam acara pada acara bakti sosial rangkaian HUT ke 75 TNI di RSAD Wirasatya Singaraja turut hadir Ibu Ny. Ida Ayu Wardhani Sutjidra, Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna, FKPD Kabupaten Buleleng, dan tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali, Sabtu (3/10/2020).

BACA :  Parkir Dipinggir Jalan, Tiga Ban Mobil Ditusuk Hingga Bocor, Pemilik Lapor Polisi

Penulis : Tim Liputan Covid

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular