Gede Anggita Prathama sebagai narasumber pada lokakarya
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Gianyar, balipuspanews.com – Agenda Kelas Kreatif Bentara yang berlangsung di Bentara Budaya Bali (BBB) Sukawati, pada Minggu (15/4), mengetengahkan pembekalan seputar dunia digital.

Bekerja sama dengan Google Gapura Digital, program kali ini berupaya mendorong generasi muda kini dapat sigap dan tanggap terhadap dunia digital.

Adapun agenda Kelas Kreatif Bentara ini, merupakan kelanjutan dari lokakarya video pendek dan seni multimedia yang lintas batas, yang telah diselenggarakan sebelumnya.

Tampil sebagai narasumber atau fasilitator pada lokakarya kali ini yakni I Putu Gede Anggita Prathama dan Didi Suprapta. Keduanya akan berbagi seputar pengenalan dunia digital dan website tertaut kerja kreatif dan kemungkinan-kemungkinan inovatif lainnya.

Melalui program ini, diharapkan generasi milenial atau NetGen, khususnya generasi muda Bali kini, dapat menemukan perspektif baru di tengah penggunaan teknologi internet semata hanya untuk memuaskan gaya hidup dan hal-hal yang cenderung tidak kreatif.

NetGen hadir dengan segala kecenderungan-kecenderungan uniknya, serta ciri-ciri yang membedakan dengan generasi-generasi sebelumnya. Ditandai pola konsumsi, pola interaksi, berikut cara menjalani kehidupan keseharian yang tak bisa dipisahkan dengan dunia digital dan komputer. NetGen mencerminkan generasi yang sigap dan inovatif, serta punya kecenderungan sosial meraih hubungan yang berorientasi global.

“Di era serba multimedia seperti sekarang ini, didukung aneka kemudahan dunia digital atau online, kita (generasi muda) seringkali terlena. Kecanggihan perangkat dan teknologi dimanfaatkan masih sebatas untuk gaya hidup atau hal-hal yang tidak kreatif. Padahal, bila digali lebih dalam, media sosial dan perangkat digital kita sesungguhnya bisa dioptimalkan sebagai sarana kreativitas dan meraih kemandirian. Terlebih dengan globalisasi yang kian lintas batas, peluang-peluang kreatif di dunia maya itu semakin terbuka untuk diakselerasikan dalam berbagai bidang,” ujar Idayati, staf program BBB.

Gapura Digital merupakan program pelatihan dan edukasi unggulan dari Google dan pada kesempatan kali ini secara khusus mendorong upaya kreatif generasi muda yang mandiri, termasuk melalui kreasi cipta seni. Gapura Digital telah digelar di 10 kota di Indonesia, antara lain: Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Medan, Pontianak, dan Makassar.

Nikki Asvikarani, selaku Gapura Digital Program Manager, mengungkapkan, bahwa kehadiran Gapura Digital di Bali diharapkan dapat membantu para pelaku usaha atau orang-orang yang ingin memulai usaha agar bisa mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya melalui strategi digital.

“Melalui program Gapura Digital saya berharap bisa ada lebih banyak generasi muda yang mencoba berwirausaha. Setidaknya di era globalisasi dengan peluang besar seperti saat ini, ada banyak lagi generasi muda yang bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Di Gapura, mereka bisa saling bertemu dan berbagi dalam komunitas dengan bidang yang sama,” ujarnya. (bp)

Tinggalkan Komentar...