Peradah Ngejot salah satu punia mulia Peradah menyasar warga Nengah Simen(80) warga sebatang kara Banjar Kayehan,Dawan kaler
Peradah Ngejot salah satu punia mulia Peradah menyasar warga Nengah Simen(80) warga sebatang kara Banjar Kayehan,Dawan kaler
sewa motor matic murah dibali

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Sebagai oraganisasi pemuda yang bernapaskan Agama Hindu keberadaan DPK Peradah Indonesia, Kabupaten Klungkung mulai menunjukkan kiprahnya setelah beberapa lama sempat adem. Menjelang hari raya Galungan yang bakal datang ini DPK Peradah Indonesia, Klungkung ini melaksanakan kegiatan “Peradah Ngejot” yang menyasar bagi warga kurang mampu yang ada bertebaran di Kabupaten Klungkung ini.

Organisasi yang digawangi oleh Ketua DPK Peradah Indonesia, Klungkung Gde Arya Juniarta ini menyebutkan niat gelaran Peradah Ngejot ini semata mata adanya spirit kemenangan dharma diwujudkan dengan rasa berbagi antar sesama.” Kita ingin dengan budaya Ngejot ada niat rasa berbagi bagi warga yang kurang beruntung yang ada di Klungkung ini,” terang Arya Juniarta optimis,ingin membawa angin segar perubahan organisasi Peradah Klungkung ini.

Sebagai wujud organisasi Kepemudaan Hindu, Peradah Indonesia, Klungkung juga mengajak generasi muda Hindu untuk senantiasa mampu mewujud nyatakan  pelaksanaan ajaran Tri Hita Karana khususnya bagi warga umat sedharma mampu meneladani menjaga hubungan harmonis antar sesama umat manusia.

“Kegiatan tahun ini merupakan rangkaian dari kegiatan “Peradah Ngejot” pada tahun 2018 lalu, mengingat spirit berbagi tidak hanya berhenti sekali tetapi sepanjang waktu. Karena dharma harus dimenangkan selalu,” tambahnya.

Menindak lanjuti program yang diwujudkan dengan kegiatan “PERADAH NGEJOT” ini serangkaian untuk menyambut hari raya Galungan yang jatuh pada hari Rabu, 24 Juli 2019, Pengurus DPK Peradah Indonesia, Klungkung  pada Minggu, 14 Juli 2019 pagi melaksanakan kegiatan dengan mengunjungi beberapa warga yang kurang mampu di wilayah Desa Kusamba, Desa Pikat dan Desa Dawan Kaler.

Sejak jam 8.00 pagi sekitar puluhan pengurus DPK Peradah Indonesia dengan menyusuri pematang maupun jalan setapak menemui warga diawali di Desa Kusamba menemui warga kurang mampu Ketut Rinten(90) Warga Banjar Bias, Desa Kusamba. Kemudia rombongan menuju rumah I Wayan Rimbeg(85) dan Nengah Karsi(83) warga  Br. Cempaka, Desa Pikat, selanjutnya menuju rumah

Ni Nyoman Ayu Tuti Hartati(64) warga  Banjar. Cempaka, Desa Pikat serta rumah  Ni Nyoman Lueng(80) warga  Banjar Cempaka, Desa Pikat.

Kemudian rombongan pengurus berjalan menyusuri tegalan jalan setapak diatas bukit menemui warga seorang diri sebatang kara bernama I Nengah Simen(80) warga Banjar Kayehan, Desa Dawan Kaler. Kemudian masih menyusuri tegalan menuju rumah  Nyoman Siman(85) di Banjar Kayehan. Desa Dawan Kaler. Kec. Dawan ini yang tinggal berdua dengan istrinya Nengah Roti (80) karena anak laki lakinya semata wayang meninggal kecelakaan dan anak perempuannya  menikah semua.

Dengan terlaksananya Program kemanusiaan “Peradah Ngejot” ini  yang menyasar umat sedharma yang kurang mampu yang ada di Kecamatan Dawan, Klungkung ini diharapkan nantinya bisa dikembangkan kewilayah lainnya di Klungkung mapun di luar Klungkung.

Lebih jauh menurut Ketua DPK Peradah Indonesia, Klungkung, Gde Arya Juniarta, menyebutkan bahwa sebelumnya sudah melaksanakan kegiatan “ngejot” di wilayah kec. Banjarangkan, dan astungkara bisa melaksanakan kegiatan yang sama di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Klungkung secara berkesinambungan nantinya.” Semoga dengan “Peradah Ngejot” ini pengurus Peradah Indonesia Klungkung mampu berbagi kepada sesama umat yang belum beruntung dalam kesehariannya dan bisa merasakan kebahagiaan menjelang hari raya Galungan ini,” imbuhnya. (Roni/bpn/tim)