Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaNewsSosialDPR : ATENSI dan PENA Menyentuh Langsung Kebutuhan Masyarakat

DPR : ATENSI dan PENA Menyentuh Langsung Kebutuhan Masyarakat

JAKARTA, balipuspanews.com – Komisi VIII DPR RI mengapresiasi berbagai upaya  pemberdayaan yang dilakukan Kementerian Sosial. Wakil rakyat menyebut program seperti Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dan Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.

“Tadi bantuan-bantuan ATENSI yang diberikan sudah berdasarkan hasil asesmen ke penerimanya langsung, mudah-mudahan bermanfaat. Tentunya kami akan dukung terus upaya baik Kemensos” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Moekhlas Sidik dalam rangka Kunjungan Kerja Reses Masa Persidangan III Tahun Sidang 2022-2023 di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat (17/2/2023).

Hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Hikmat menyampaikan, dengan adanya program PENA juga diharapkan dapat mendorong kemandirian para penerima manfaat melalui pemberdayaan. “PENA nantinya diharapkan dapat menjadi orientasi baru dari Kementerian Sosial, agar masyarakat tidak bertumpu pada bantuan secara terus-menerus,” kata Harry.

Bantuan Program PENA untuk Provinsi Kalimantan Timur sendiri sudah terealisasi seluruhnya kepada 12 Keluarga Penerima Manfaat yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota. Dalam kunjungan ini, tidak hanya bantuan kewirausahaan yang disalurkan. Bantuan ATENSI lainnya seperti alat bantu aksesibilitas (kursi roda, walker, kruk), bantuan kebutuhan dasar serta bantuan paket sembako juga turut diberikan untuk masyarakat di Kota Balikpapan.

Berbagai bantuan logistik kesiapsiagaan bencana juga turut diserahkan untuk buffer stock Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur yang terdiri dari makanan siap saji, makanan anak, sandang dewasa, sandang bayi, tenda gulung, tenda keluarga, selimut, kasur, kids ware, food ware dan peralatan dapur keluarga. Sebagai langkah mitigasi bencana, Kemensos juga telah mendirikan 4 lumbung sosial dan 10 titik Kampung Siaga Bencana (KSB) di Provinsi Kalimantan Timur. Total bantuan yang disalurkan dalam kunjungan kerja reses Komisi VIII DPR RI hari ini senilai total Rp827.569.000.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut 8 orang delegasi anggota Komisi VIII DPR RI, Asisten Adm. Umum Provinsi Kalimantan Timur, Sekretaris Dirjen Rehabilitasi Sosial dan pejabat terkait lainnya.

Penulis/editor : Ivan Iskandaria.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular