Selasa, Oktober 20, 2020
Beranda Bali Bangli DPRD Bangli Dukung Deklarasi Cinta Damai Komponen Masyarakat Bangli

DPRD Bangli Dukung Deklarasi Cinta Damai Komponen Masyarakat Bangli

BANGLI, balipuspanews.com – Wakil Ketua DPRD Bangli I Komang Charles mendukung Deklarasi Bali Cinta Damai yang dilakukan oleh komponen masyarakat Bangli di depan Monumen Kapten Mudita Bangli, Jumat (16/10/2020) pagi.

Deklarasi yang dilangsungkan itu merupakan pernyataan sikap element masyarakat terhadap aksi demonstrasi anarkis belakangan ini yang merupakan implikasi dari penetapan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja.

Politikus Demokrat itu menyebutkan, seharusnya di dalam menyampaikan pendapat tidak seharusnya dengan tindakan-tindakan anarkis seperti kerusuhan. Dirinya menilai, masyarakat harus lebih bijak di dalam menyampaikan pendapat dan tentunya harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kita harapkan, kalau memang ada masyarakat yang memang ingin menyampaikan protes, ya lakukan dengan cara-cara yang sesuai dengan aturan. Dan jangan dengan cara-cara yang melanggar hukum, kan seperti itu,” sebut Charles.

Terlebih menurutnya, di dalam menyampaikan aspirasi, masyarakat sudah diberikan ruang kebebasan untuk menyampaikan aspirasinya..

Lebih jauh wakil ketua dewan asal Kintamani ini memaparkan, apalagi dengan situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, apabila melakukan aksi demonstrasi (berkerumun) ditakutkan nantinya akan terjadi penyebaran virus. Dan ditegaskan, akan bisa berdampak fatal bila sampai aksi demonstrasi ini menjadi klaster baru penyebaran virus corona.

“Ya, harapan kita kan tetap menghormati serta mengikuti aturan yang ada. Namun, kalau memang ada yang ingin menyampaikan aspirasi, sampaikan dengan cara terhormat dan bertanggung jawab,” ujar Charles, kembali menekankan.

Sementara itu, dalam deklarasi Bali Cinta Damai di depan Monumen Kapten Mudita Bangli pagi tadi, terdapat 4 poin dalam deklarasi tersebut. Diantaranya : Pertama, elemen masyarakat Kabupaten Bangli menghormati kebebasan berpendapat di muka umum yang dilakukan secara damai dan sesuai protokol kesehatan Covid-19 serta ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kedua, menolak dan mengutuk tindakan anarkis yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab pada saat dilaksanakan kegiatan unjuk rasa khususnya dalam menyikapi UU Cipta Kerja/Omnibus Law.

Ketiga, mengajak masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi melakukan aksi unjuk rasa dan mendorong dilakukan upaya-upaya yang sesuai konstitusi dan hukum yang berlaku.

Keempat, mendukung aparat penegak hukum untuk menindak dan memproses hukum para pelaku aksi anarkis yang merusak fasilitas umum dan mengganggu ketertiban masyarakat.

PENULIS : Komang Rizki

EDITOR : Oka Suryawan

- Advertisement -

Kakek Gantung Diri di Gubuk Ditemukan Oleh Cucunya

ABIANSEMAL, balipuspanews.com -Seorang cucu, Putu Darmiati, 23, tidak menyangka menemukan kakeknya, Ketut Sumerta, 65, tewas gantung diri di gubuk sawah di Pondok Subak Munduk...

Anggota Ditlantas Polda Bali Amankan Pencuri HP

SANUR, balipuspanews.com - Anggota PJR Ditlantas Polda Bali mengamankan seorang pencuri handphone yang sempat dikejar-kejar oleh warga di Jalan Danau Tempe, Sanur Kauh, Denpasar...
Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Copyright | About Us
Member of