DPRD Kabupaten Karangasem Sepakat Sahkan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2019

Rapat pengesahan Ranperda menjadi Perda di DPRD Karangasem (istimewa)
Rapat pengesahan Ranperda menjadi Perda di DPRD Karangasem (istimewa)

KARANGASEM, balipuspanews.com – DPRD kabupaten Karangasem menyetujui Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2019 untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah dalam rapat paripurna yang berlangsung, pada Kamis (29/07/2020).

Dalam rapat Paripurna yang dipimpin oleh wakil ketua DPRD, I Nengah Sumardi dan dihadiri langsung oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri didamping Wabup, I Wayan Arta Dipa beserta jajaran, seluruh fraksi pada prinsipnya menyepakati untuk menetapkan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2019 untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah dengan sejumlah usulan dan saran.

Dari fraksi PDI Perjuangan mengusulkan agar kedepan pemerintah bisa menggali pendapatan baru terhadap potensi – potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Karangasem serta meningkatkan PAD dari sektor pajak dan retribusi.

Setelah PDIP, fraksi Gerinda juga memberikan usul dan saran agar dalam pengelolaan atau pelaksanaan keuangan daerah lebih efesien namun tidak mengurangi pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Sejalan dengan usul dari fraksi Catur Warna, dimana diharapkan agar kedepan pemerintah apabila membuat program sesuai dengan usulan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan serta dalam mengalokasikan anggaran secara riil dan benar – benar bermanfaat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam pendapat akhirnya menyampaikan terima kasih kepada lembaga DPRD Kabupaten Karangasem yang telah bekerjasama dalam pembahasan Ranperda Pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019 serta telah mendapat persetujuan untuk disahkan menjadi Perda.

“Saya berterimakasih, atas seluruh kerja sama dan masukan serta saran yang diberikan, kami juga terus meminta dukungan dan kerjasama dari lembaga DPRD dalam menjalankan tugas pemerintahan, tentunya segala usul dan masukan ini akan menjadi catatan dan pedoman dalam menjalankan dan melaksanakan anggaran di tahun – tahun berikutnya,” kata Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri.

PENULIS : Gede Suartawan

EDITOR : Oka Suryawan