Kamis, Maret 28, 2024
BerandaNewsDPRD Tabanan Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati Tahun 2016

DPRD Tabanan Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati Tahun 2016

Tabanan, balipuspanews.com – DPRD Kabupaten Tabanan menyampaikan rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tabanan Akhir Tahun Anggaran 2016 pada Rapat Paripurna Istimewa, Selasa (25/4) di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Tabanan.

Dari Laporan tersebut DPRD menyampaikan bahwa Laporan Keterangan Pertanggung-jawaban Bupati Tabanan Akhir Tahun Anggaran 2016 sudah sesuai dengan peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2017, namun dapat disampaikan beberapa saran dan masukan.

Anggota DPRD Gusti Made Purnayasa yang membacakan keputusan DPRD atas LKPJ tersebut mengatakan setelah mencermati materi LKPJ Bupati Tabanan Akhir Tahun Anggaran 2016 yang menetapkan tema pembangunan

“Memacu Sektor Hulu Untuk Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Desa’, Tema pembangunan tersebut dijabarkan ke dalam 10 (sepuluh) prioritas pembangunan tahun 2016 “Pengembangan pengolahan hasil pertanian ,Fasilitasi pembangunan BUMDes, Peningkatan produksi pertanian, pelatihan SDM, Permodalan kelompok tani dan UMKM, Ketahanan Pangan, Kesehatan, Pelayanan Publik, dan Urusan Wajib yang mengikat lainnya,” ujarnya.
Untuk rekomendasi bidang pengelolaan pendapatan daerah DPRD Kabupaten Tabanan memberikan apresiasi positif atas prestasi Pemerintah Kabupaten Tabanan karena dapat merealisasikan pendapatan daerah melampau dari target yang ditetapkan yang bersumber dari peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun menurut pihaknya ada beberapa hal yang mesti dicermati. “ Namun perlu dicermati kembali tentang sumber pendapatan daerah yang berasal dari Dana Perimbangan yang realisasinya masih di bawah target, perlu adanya kajian yang lebih mendalam dan komunikasi yang intens ke Pemerintah Pusat,” jelasnya.

BACA :  PJ Bupati Tagel Wirasa Buka Porsenijar Gianyar Tahun 2024

Disamping itu kiranya masih ada potensi PAD yang dapat digali atau dioptimalkan agar dapat ditangani dengan baik. “Mengelola dan memanfaatkan danau Beratan dan Bedugul dan memanfaatkan teknologi informasi berupa E-Ticketing pada pengelolaan pariwisata, Di bidang pajak daerah agar lebih diintensifkan sehingga dapat terlaksana sesuai ketentuan, dan khusus untuk zona daerah agar lebih dioptimalkan pengelolaannya terutama aset daerah berupa tanah dan bangunan,” katanya.

Sementara itu di bidang pengelolaan belanja daerag disarankan agar Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam pengelolaannya lebih mengedepankan hal-hal yang menyentuh kepentingan masyarakat. Disamping itu DPRD juga memberikan apresiasi positif kepada Capaian Pemkab Tabanan dalam mempertanggungjawabkan keuangan daerah.

“Mudah-mudahan capaian ini berlanjut sebagaimana pada tahun 2015 yang meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), namun perlu diperhatikan bahwa WTP bukanlah sebuah tujuan semata yang terpenting adalah mengupayakan agar APBD dapat dipergunakan seoptimal mungkin untuk kepentingan masyarakat,” ucapnya.

Untuk penyelenggaraan urusan pemerintah daerah urusan wajib yang dilaksanakan di bidang pendidikan disarankan untuk mengadakan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan kurikulum Ujian Nasional Berbasis Komputer. “Sementara di Bidang Kesehatan disarankan untuk meningkatkan sarana dan prasarana BRSUD Tabanan dan Rumah Sakit Nyitdah sehingga pelayanan kesehatan dapat ditingkatkan,”imbuhnya.

BACA :  Ribuan Pengunjung Padati Pembukaan Semarak Buleleng Berbangga, Pj Bupati Ajak Masyarakat Cintai Buleleng Seutuhnya

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memberikan apresiasi atas rekomendasi DPRD Kabupaten Tabanan atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Tabanan akhir Tahun Anggaran 2016.

“Kami sangat menghargai rekomendasi yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten Tabanan sebagai wujud kepedulian dan kesungguhan dari segenap anggota DPRD dalam rangka memperhatikan kinerja penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan. Oleh karena itu segala saran, masukan dan kritik yang tertuang dalam poin rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati tahun 2016 merupakan bahan yang berharga dan akan ditindaklanjuti demi optimalisasi kinerja pemerintah kabupaten Tabanan,” tegasnya.

Selanjutnya atas rekomendasi ini, pihaknya beserta seluruh jajaran pemerintah kabupaten Tabanan akan terus berkomitmen untuk memperbaiki kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan saran dan masukan yang tertuang dalam rekomendasi tersebut.

“Saya mengajak kepada pimpinan dan anggota DPRD Tabanan untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap jalannya pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayan masyarakat di Kabupaten Tabanan. Selanjutnya saya kembali ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Tabanan atas kerja sama yang telah terjalin selama ini. Kami selaku pimpinan daerah beserta seluruh jajaran bertekad untuk memberi yang terbaik bagi kepentingan masyarakat Tabanan menuju Tabanan Serasi, Sejahtera, Aman dan Berprestasi,” imbuhnya

BACA :  Siswa SD Ikuti Lomba Menyanyi di HUT ke-420 Kota Singaraja
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular