Dr. Sanjaya Didaulat Sebagai Penasehat Jaga Baya MGPSSR Tabanan

Keterangan foto: Pengurus Jaga Baya MGPSSR Kabupaten Tabanan berfose bersama usai pengukuhan
Keterangan foto: Pengurus Jaga Baya MGPSSR Kabupaten Tabanan berfose bersama usai pengukuhan

TABANAN, balipuspanews.com – Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., didaulat sebagai penasehat jaga baya MGPSSR Kabupaten. Hal itu terungkap dari dikukuhkannya Jaga Baya MGPSSR Kabupaten Tabanan dikediaman Dr. Sanjaya, Jalan Teratai nomer 10, Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Tabanan.

Acara pengukuhan tersebut dihadiri pengurus MGPSSR Provinsi Bali, pengurus Kabupaten Tabanan dan pengurus kecamatan se-Tabanan. Hadir pula pengurus Jaga Baya MGPSSR Provinsi Bali, Ida Pandita Mpu Nabe Dukuh Sakti Griya Pangkung Prabu dan berbagai unsur lainnya.

Pelindung Jaga Baya sekaligus Ketua MGPSSR Kabupaten Tabanan Drs. I Wayan Tontra, MM., mengatakan, Jaga Baya ini dibentuk dalam fungsinya untuk menciptakan keamanan dalam pasemotan MGPSSR se-Kabupaten Tabanan. Baik dalam melaksanakan yadnya maupun dalam kehidupan sehari hari untuk menuju kehidupan warga yang mapan, sejahtera bahagia lahir bhatin.

“Jaga Baya MGPSSR ini fungsinya serupa dengan pecalang,” ungkap Tontra yang juga Ketua PHDI dan MDA Kabupaten Tabanan ini.

Tontra juga menyebutkan, pengukuhan Jaga Baya Kabupaten Tabanan ini merupakan pengukuhan kedua setelah Kabupaten Badung. Menurutnya, pasca dikukuhkannya Jaga Baya ditingkat Kabupaten Tabanan akan dilanjutkan dengan pengukuhan Jaga Baya MGPSSR untuk masing-masing kecamatan se-Tabanan.

“Pasca pengukuhan ini juga akan dibentuk dan dikukuhkan pengurus untuk dimasing-masing kecamatan se-Tabanan,” jelasnya.

Dihubungi terpisah Dr. Sanjaya menyebutkan dirinya bersyukur dipercaya sebagai penasehat Jaga Baya Kabupaten Tabanan. Disebutkannya, selaku warga pasemetonan Pasek ia selalu siap ngayah untuk semeton, luluhur, daerah, agama dan negara.

“Saya selalu siap ngayah untuk kebesaran pasemetonan Pasek, leluhur dan juga ngayah untuk membangun Tabanan serta agama dan negara,” ucap calon kuat Bupati Tabanan ini.

Adapun pengurus Jaga Baya MGPSSR Kabupaten Tabanan yang dikukuhkan tersebut yakni Ketua I Nyoman Suwitrayasa, SH., Wakil Ketua I Komang Edi Wirawan, Sekretaris I Putu Witawan dan Bendahara I Putu Erik Suarjana. Kepengurusan ini juga dilengkapi dengan beberapa pengurus lainnya.

Penulis : Ngurah Arthadana

Editor : Oka Suryawan