Dua Orang Didenda Saat Sidak Prokes di Pasar Semat Sari, Tibubeneng Badung

Tim Yustisi Kabupaten Badung saat melakukan sidak masker di areal Pasar Semat Sari, Tibubeneng, Kuta Utara Badung, Selasa (1/12/2020)
Tim Yustisi Kabupaten Badung saat melakukan sidak masker di areal Pasar Semat Sari, Tibubeneng, Kuta Utara Badung, Selasa (1/12/2020)

BADUNG, balipuspanews.com – Dua warga terpaksa diberikan sanksi tegas berupa denda saat Tim Yustisi Kabupaten Badung melaksanakan sidak protokol kesehatan (Prokes) di Pasar Semat Sari Desa Tibubeneng Badung, pada Selasa (1/12/2020).

Dua warga ini dikenakan denda lantaran sama sekali tidak menggunakan masker di tempat kerumunan.

Tim Gabungan yang terdiri dari Polres Badung TNI, dan Satpol PP itu pun tidak melaksanakan sidak di lingkungan pasar saja, namun sejumlah tempat juga disasar seperti warung dan yang lainnya.

Hal itu tentu untuk memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

Kabag Ops Polres Badung Kompol I Wayan Suana, SH mengatakan, sidak prokes yang dilaksanakan Pemkab Badung berlangsung selama dua kali sehari.

Tim Yustisi pun bergerak dari pagi hari sekitar pukul 06.00 Wita ada dengan menyasar beberapa tempat kerumunan terutama pasar.

Selain itu untuk yang kedua tim bergerak pada sore hari mulai pukul 17.00 Wita hingga selesai, sasarannya pun di tempat-tempat yang sudah menjadi target operasi.

“Selama melakukan razia, tim mengedepankan cara-cara humanis untuk mengingatkan warga dan pengelola pasar bila ditemukan adanya pelanggaran prokes,” ujarnya.

Pada operasi yang dilakukan, orang nomor tiga di Polres Badung itu tetap memberikan imbauan untuk menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Selain itu dirinya juga membubarkan pengunjung jika terjadi kerumunan, dan memberi peringatan kepada pengelola agar menjalankan protokol kesehatan dengan benar.

“Ini penting kita laksanakan, sehingga bisa mencegah penurunan kasus di Badung. Bahkan sidak ini akan terus kita laksanakan agar masyarakat mulai melakukan kebiasaan baru dengan mematuhi prokes,” ucap Kompol Wayan Suana.

Untuk sidak yang dilaksanakan di di pasar Semat Sari Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung ditemukan 23 pelanggaran.

Dari total tersebut dua orang diberikan sanksi tegas berupa denda lantaran tidak menggunakan masker sama sekali.

Pemberlakuan denda bagi para pelanggar mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 52 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru.

Untuk sanksi administratif bagi perorangan dalam Pasal 11 ayat (1) salah satunya disebutkan membayar denda administratif sebesar Rp 100 ribu bagi yang tidak menggunakan masker pada saat beraktivitas dan berkegiatan di luar rumah.

“Dua dikenakan sanksi denda sebesar Rp 100.000,- per orang sesuai Peraturan pemerintah daerah, sisanya kami berikan sanksi sosial dan administratif lantaran tidak menggunakan masker dengan baik,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

Selebihnya di tempat yang menimbulkan keramaian, seperti pasar dan yang lainnya.

“Sepanjang razia dan sidak, tidak ada perlawanan dari pihak manapun. Kegiatan berjalan aman dan kondusif. Namun akan terus kami gencarkan agar masyarakat tetap mematuhi prokes,” tambahnya.

PENULIS : Tim Liputan Covid

EDITOR : Oka Suryawan