Dua TPS3R di Nusa Penida Diresmikan

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat meresmikan TPS3R di Nusa Penida
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat meresmikan TPS3R di Nusa Penida

SEMARAPURA, balipuspanews.com
Pembangunan TOSS dimasing-masing desa yang ada di Bumi Serombotan terus digencarkan Pemkab Klungkung. Terbaru Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta Meresmikan TPS3R Karang Anyar, Desa Kutampi, dan TPS3R Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Kamis (8/12/2022).

Bupati Suwirta dalam arahanya mengatakan perkembangan pariwisata Nusa Penida dampaknya sangat banyak, dimana pastinya adalah kedapatan sampah semakin banyak, maka dari itu hal tersebut harus serius untuk ditangani.

“Desa Kutampi dan Desa Ped harus menjadi contoh dalam menangani sampah di Nusa Penida. Ajak masyarakat memilah sampah sampah dari sumbernya, pemilihan sampah dari rumah, dari kantor dan tempat usaha,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati asal Nusa Ceningan ini mengatakan setelah diresmikan ini pemanfaatan harus berjalan dengan bagus sesuai dengan harapan.

Dirinya meminta desa adat dan desa dinas harus berkolaborasi dengan baik untuk mensosialiasikan dan menyadarkan masyarakat memilah sampah dari sumbernya agar masyarakat ini sadar memilah sampah dari rumah.

“Komitmen dan berkelanjutan dalam penanganan sampah serta berkolaborasi harus dijalankan dengan baik,” harap Bupati Suwirta.

Sementara, Pembangunan TPS3R Karang Anyar, Desa Kutampi menggunakan dana dari Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR sebesar 600 Juta dengan luas tanah 2 are dikerjakan selama 180 hari kalender sementara Pembangunan TPS3R Desa Ped menggunakan dana dari Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR sebesar 600 Juta dengan luas tanah 2 are dikerjakan selama 180 hari kalender.

Perbekel Desa Kutampi dan Perbekel Desa Ped mengucapkan terimakasih atas bantuan pembangunan TPS3R.

“Dengan diresmikannya bangunan ini kita akan mulai pembersihan lingkungan, diawali dari sosialisasi pemilahan sampah dari rumah, perkantoran, tempat wisata dan tempat usaha masing-masing dusun,” ujarnya.

Penulis: Roni
Editor: Budiarta