Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBulelengDua Warga Binaan Lapas Singaraja Dapat Program LAGAS, Kalapas : Mereka Bebas...

Dua Warga Binaan Lapas Singaraja Dapat Program LAGAS, Kalapas : Mereka Bebas CB

BULELENG, balipuspanews.com – Dua orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singaraja mendapatkan program Layanan Antar Gratis (LAGAS) setelah menjalani Cuti Bersyarat (CB), pada Selasa (28/6/2022).

Kepala Lapas Kelas IIB Singaraja, Wayan Sutresna mengatakan program inovasi LAGAS itu merupakan implementasi nyata dari reformasi birokrasi yang bersih dari korupsi.

Bahkan program ini juga merupakan bentuk pelayanan prima Lapas Singaraja kepada masyarakat utamanya Warga Binaan yang sudah bebas yang nantinya akan dilanjutkan dengan pelaporan kepada Kepala Lingkungan setempat.

Kemudian untuk dua warga binaan ini ada JT dari Desa Bakti Seraga, Kecamatan Buleleng yang sebelumnya tersangkut kasus pencurian serta PK asal Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt yang tersandung kasus narkotika telah dinyatakan bebas dan tercatat telah berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan di Lapas.

“Untuk hari ini (Selasa) kebetulan ada dua warga binaan yang mendapat layanan LAGAS ini. keduanya menjalani Cuti Bersyarat (CB),” ungkap Kalapas sekaligus penggagas program LAGAS Wayan Sutresna saat dikonfirmasi, Selasa (28/6/2022).

BACA :  Cegah Kecurangan, Personel Ditreskrimsus Polda Bali Sidak SPBU di Gatsu Timur

Lanjut Sutresna menyebutkan untuk kedua warga binaan itu, sebelum diserahkan kepada keluarga masingmasing. Petugas kemudian akan melaporkan kebebasan masing-masing kepada ketua lingkungan agar keduanya bisa diawasi setelah bebas.

Seperti yang dilakukan terhadap JT sebelum diserahkan kepada pihak keluarga Ia langsung dilaporkan pembebasannya ke Kepala Desa Baktiseraga dan dalam kesempatan ini diwakilkan oleh Sekretaris Desa, Made Artawan. Selanjutnya ada PK yang diterima langsung oleh Kepala Desa Lokapaksa, Putu Dodik Tryna dan diakhiri penyerahan kepada pihak Keluarga.

“Jadi sistemnya kami laporkan dulu ke kepala lingkungan bahwasanya warganya sudah bebas dan habis itu baru kami serahkan kepada keluarga masing-masing,” imbuhnya.

Disisi lain Kepala Desa Lokapaksa, Putu Dodik Tryna yang ditemui langsung di ruang kerjanya menyampaikan rasa terima kasih atas bimbingannya kepada salah satu warganya.

“Terima kasih atas bimbingannya kepada salah satu warga kami, mudah-mudahan setelah mendapatkan binaan warga kami kedepan tidak mengulangi perbuatannya” terang Dodik Tryna.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular