Duel Dua ABG yang Viral di Medsos Dipicu Contekan Ujian Sekolah

Proses mediasi pelaku perkelahian di Polsek Seririt

BULELENG, balipuspanews.com – Polsek Seririt berhasil mengidentifikasi pelaku duel satu lawan satu yang viral di media sosial (Medsos). Pelaku adalah anak baru gede (ABG) berusia 16 tahun. Usut punya usut, duel tersebut dipicu masalah contekan ujian di sekolah.

Kapolsek Seririt AKP I Made Suwandra menyampaikan, pihaknya telah mengamankan kedua pemeran dalam video termasuk si perekam video. Kedua pemeran didalam video adalah remaja asal dua desa di Kecamatan Seririt.

“Para pemuda yang berkelahi dalam video berasal dari dua Desa dan masih dalam lingkup wilayah Kecamatan Seririt berstatus seorang pelajar,” ungkapnya saat ditemui, Rabu (23/11/2022).

Disinggung motif perkelahian kedua anak dibawah umur tersebut dipicu kesalahan pahaman di sekolah. Dimana salah satu dari mereka ingin meminta jawaban ujian dan adanya pemukulan perut terhadap salah satunya. Hal itupun berujung terjadinya perkelahian diluar sekolah.

Baca Juga :  Permudah Layanan Adminduk, Aplikasi Aku Online Diresmikan

Menyikapi itu Kapolsek langsung memanggil kedua pelaku perkelahian, teman-temannya serta orang tuanya masing-masing. Lalu melibatkan komponen Sipandu Beradat dari kedua desa asal pelaku dilakukan proses mediasi. Alhasil keduanya kemudian sepakat untuk berdamai dengan catatan membuat surat pernyataan tidak mengulangi hal yang sama disaksikan kedua orang tuanya.

“Keduanya sepakat berdamai serta berjanji tidak melakukan hal yang sama kembali, dan kesepakatan tersebut dituangkan dalam surat pernyataan yang diketahui oleh semua orang tua dan semua komponen yang ada dalam forum Sipandu Beradat,” sebutnya.

Selain itu, Kapolsek Seririt menghimbau dan mengharapkan kepada orang tua serta masyarakat untuk sama-sama dapat mengawasi anak-anak. Sehingga bisa mencegah anak agar tidak melakukan perbuatan yang tercela dan lebih sering melaksanakan kegiatan-kegiatan positif.

Baca Juga :  Kunjungi Denpasar, Wali Kota Bukittinggi Apresiasi Mal ​Pelayanan Publik

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan