Jumat, Juni 21, 2024
BerandaBulelengDukcapil Buleleng Layani 500-an Masyarakat Saat Libur Lebaran

Dukcapil Buleleng Layani 500-an Masyarakat Saat Libur Lebaran

BULELENG, balipuspanews.com – Selama libur lebaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Buleleng tetap melangsungkan pelayanan administrasi kependudukan ke masyarakat. Terbukti 500-an lebih layanan kependudukan telah direalisasikan baik secara online serta offline.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Buleleng, Made Juartawan menyebutkan sebanyak 407 pelayanan secara offline dan 191 pelayanan secara online. Pelayanan tidak hanya dilaksanakan di kantor Dinas Dukcapil Buleleng, namun juga pelayanan jemput bola yang dilaksanakan pada tanggal 8, 9, 12, dan 15 April 2024, serta pelayanan di Car Free Day pada tanggal 7 dan 14 April 2024.

Menurutnya pelayanan Dinas Dukcapil pada libur Lebaran ini disambut antusias oleh masyarakat. Utamanya, bagi masyarakat yang tidak sempat mencari layanan administrasi kependudukan karena kendala waktu dan jarak, seperti masyarakat yang bekerja dan bersekolah di luar Bali. Pihaknya bahkan menyiapkan layanan jemput bola untuk meningkatkan jumlah perekaman e-KTP terhadap anak-anak remaja yang baru saja mencapai usia minimal untuk perekaman.

“Layanan jemput bola kami khususkan bagi anak-anak yang bersekolah di luar Bali seperti pondok pesantren, karena mereka pulang saat libur lebaran,” ungkap saat dikonfirmasi Kamis (18/4/2024).

BACA :  Polda Bali Ringkus 147 Tersangka Narkoba Dalam Operasi Antik Agung 2024

Seperti di layanan di CFD misalnya, Juartawan mengaku layanan disambut baik oleh anak remaja di Kabupaten Buleleng, hal ini berbanding terbalik saat hari sekolah. Sebab kata dia, anak remaja cenderung enggan melakukan perekaman e-KTP saat mengenakan seragam sekolah.

“Layanan perekaman e-KTP saat CFD disambut antusias oleh para anak muda, karena mereka ingin memakai pakaian bebas rapi yang mereka inginkan, dibanding saat hari sekolah mereka masih pakai seragam,” imbuh dia.

Melihat hal peluang itu, ke depan melalui pelayanan ekstra tersebut pihaknya berharap angka pelayanan administrasi kependudukan dapat meningkat, utamanya perekaman e-KTP. Sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya generasi muda dalam administrasi kependudukan.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular