Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBadungDukung Green Economy, Bappenas Luncurkan Green Academy

Dukung Green Economy, Bappenas Luncurkan Green Academy

BADUNG, balipuspanews.com – Permasalahan lingkungan terus diatensi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Republik Indonesia.

Salah satu upaya yang saat ini dilakukan adalah meluncurkan inisiatif pengembangan green academy. Peluncuran program ini berlangsung di Canna Bali, Nusa Dua, Rabu (22/5/2024).

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Vivi Yulaswati mengatakan, green academy ini merupakan salah satu inisiatif dalam untuk mendukung implementasi green economy.

“Kedepan Indonesia perlu terus tumbuh tetapi. Kita tidak bisa lagi seperti sekarang. Seperti pada PLTU kita yang saat ini tidak hanya Berbasis batu bara saja, kita cari sumber-sumber yang lain,” ujarnya.

Vivi menjelaskan untuk mendukung pelaksanaan program ini tidak hanya diperlukan investasi dan teknologi. Tetapi perlu mempersiapkan SDM di berbagai lini ada di sektor seperti swasta, pemerintah daerah, dan juga anak muda.

“Nanti paling nggak kita mulai dulu dengan modul-modul, sekarang kan kita ngomongin transisi energi. Pemahamannya pasti beda-beda,” tuturnya.

Pihaknya berharap nantinya kedepan green academy bisa berkolaborasi dengan berbagai platform yang telah ada. Seperti SIG academy, SIG center yang sekarang ada di 47 universitas.

BACA :  Polisi Ringkus Turis Pakistan Tipu Restoran Melalui Order Makanan Online

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa fokus saat ini setelah diluncurkan green academy adalah permasalahan ketahanan pangan. Ia menyebutkan bahwa ketahanan iklim ini sudah menjadi urgensi besar.

“Kita lagi mempersiapkan impres ketahanan iklim. Jadi Pemda-pemda juga harus bisa membangun kapasitas mereka untuk memahami. Saat ini kita harus bergerak,” tegasnya.

Kepada masyarakat, vivi berharap agar sudah memahami permasalahan lingkungan yang saat ini terjadi. Ia menekankan untuk masyarakat agar bisa menerapkan paling nggak mulai dulu dari sisi keluarga kemudian ke komunitasnya dan pada lingkungan yang lebih besar.

“Buang sampah mulai recycle dan kita dorong inovasi-inovasi. Ini kan kreativitas anak-anak Bali itu luar biasa. Kita arahnya kedepan hilirisasi sumber daya alam. Nah jadi ga sumber daya alam kita ambil secara habis tetapi bagaimana arahnya circling itu kita terapkan,” ucapnya.

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular