BANGLI– balipuspanews. com -Untuk mendukung dan menguatkan nilai-nilai dan Ideologi Pancasila di Kabupaten Bangli, Bupati Made Gianyar berkomitmen untuk segera membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang tentang revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Hal ini disampaikan Bupati Made Gianyar saat menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74 Tahun 2019 di Kabupaten Bangli, di halaman Kantor Bupati Bangli, Sabtu (31/8).

Menurut Bupati Made Gianyar, penguatan aktualisasi nilai-nilai Pancasila sangat penting, karena saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami berbagai cobaan, khususnya rongrongan terhadap ideologi Pancasila oleh paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila. Oleh karenanya, ia berpendapat, penguatan aktualiasi Pancasila baik melalui Peraturan Bupati (Perbup) ataupun Peraturan Daerah (Perda) sangat perlu dilakukan. “Kemarin setelah menerima kujungan kerja anggota DPR RI, Rieke Diah Pitaloka (Oneng), saya dan Pak Wakil Bupati sudah bersepakat dan berkomitmen untuk menguatkan Ideologi Pancasila di Kabupaten Bangli. Sebelum dalam bentuk Perda, revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila akan kita tuangkan dulu dalam bentuk Perbup. Dan saya sudah perintahkan Kabag Hukum untuk tindaklanjuti ini, ”terangnya.

Pada kesempatan itu Bupati Made Gianyar juga mengatakan, pada pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan Legislatif (Pileg) beberapa waktu lalu, suhu politik di Indonesia cukup panas. Namun ia menegaskan, bahwa adanya perbedaan pendapat dan pilihan pada era reformasi adalah hal yang biasa, namun hal itu tidak boleh sampai memecah belah bangsa. Ia mengatakan, apapun pilihan kita, NKRI adalah harga mati dan Pancasila sebagai dasar negara, harus tetap menjadi puncak dari segala puncak.

“Saya senang, diera Presden Bapak Jokowi, keberadaan Pancasila semakin dikuatkan melalui pembentukan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Indonesia. Mudah-mudahan lembaga ini juga akan ada di provinsi dan kabupaten untuk Indonesia yang lebih baik, “harapnya.

Terkait dengan peringatan HUT RI ke-74, Bupati Bangli I Made Gianyar mengatakan, sesuai dengan edaran Menteri Sekretaris Negara RI, kegiatan HUT RI ke-74 di Kabupaten Bangli sudah dilaksanakan selama satu bulan penuh, baik melalui lomba-lomba maupun kegiatan lainnya. Ia mengatakan, tujuan dari perayaan HUT Proklamasi kemerdekaan setiap tahunnya adalah untuk mngucap rasa syukur atas kemerdekaan dan mengobarkan kembali semangat juang pahwalan, agar generasi penerus tidak keluar dari cita-cita kemerdekaan.

Oleh karenanya, melalui momentum peringatan HUT RI ke-74, ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk meneruskan perjuangan para pahlawan, untuk menjadikan bangsa Indonesia, bangsa yang besar dan maju. “Melalui momentum peringatan HUT RI ke-74 saya mengajak seluruh masyarakat Bangli untuk terus bekerja keras dan selalu meningkatkan diri. Karena dengan SDM yang unggul, Indonesia maju”serunya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Bangli Ir. I B. Gde Giri Putra yang sekaligus ketua permanen Hut RI, dalam laporannya menyampaikan, rangkaian peringatan HUT RI ke-74 di Kabupaten Bangli berlangsung dari tanggal  31Juli sampai dengan 31 Agustus 2019.

Adapun berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan, diantarannya persembahyangan bersama di Pura Kehen (31/7), lomba menghias gapura desa/gang (31/7), kegiatan bhakti sosial donor darah di Lapangan Kapten Mudita Bangli (5/8), gerak jalan ketepatan waktu tingkat SD (5/8), gerak jalan ketepatan waktu tingkat SMP (6/8), gerak jalan ketepatan waktu tingkat SMA/K (7/8), lomba penjor merah putih (9/8), napak tilas (12/8), kunjungan ke venteran yang sakit (14/8), karnaval sepeda hias anak (14/8), pawai obor (16/8), gerak jalan kreasi STT (22/8), workshop tari maskot dan tari kebesaran Kabupaten Bangli (22/8), gerak jalan kreasi PKK (23/8) dan hari ini resepsi HUT sebagai puncak acara.

Pada kesempatan itu, Sekda Giri Putra juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan pelaksanaan HUT RI ke-74 di Kabupaten Bangli.

“Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak, utamannya masyarakat Bangli yang telah mendukung dan mensukseskan dari awal sampai akhir pelaksanaan HUT RI ke-74”pungkasnya.

Resepsi puncak peringatan HUT RI ke-74   di lapangan Kantor Bupati Bangli, ditandai dengan penyerahan potongan tumpeng oleh Bupati Bangli I Made Gianyar kepada   Wakil Bupati (Wabup) Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dan Sekretaris Daerah (Sekda) Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra.

Acara ini juga disaksikan oleh Kapolres Bangli AKBP. Agus Tri Waluyo, Kajari Bangli Nur Handayani, Ketua DPRD Kabupaten Bangli Wayan Diar, perwakilan Dandim 1626 Bangli dan pimpinan OPD dilingkungan Pemkab. Bangli. (rls/bpn/tim)