Sabtu, April 20, 2024
BerandaBisnisDukung Potensi Wisata Indonesia, BCA Hadirkan Ruang Edukasi Pengurus Desa Wisata

Dukung Potensi Wisata Indonesia, BCA Hadirkan Ruang Edukasi Pengurus Desa Wisata

JAKARTA, balipuspanews.com – Di penghujung tahun 2021, BCA konsisten mendukung program pemberdayaan bagi pengurus desa wisata di Indonesia untuk mengembangkan potensi wisata di daerah. Konsistensi ini dihadirkan melalui berbagai ruang edukasi yang dilaksanakan dalam bentuk webinar menarik untuk menciptakan sumber daya unggul.

Rangkaian kegiatan webinar ini telah dilaksanakan sejak November hingga penghujung Desember dan diikuti oleh pengurus desa wisata binaan serta finalis dan pemenang BCA Desa Wisata Award. Webinar yang merupakan bagian dari program CSR BCA yang sebagian besar juga masih menjadi rangkaian dari kegiatan BCA Desa Wisata Award 2021.

Kegiatan pelatihan ini pun terbagi menjadi beberapa sesi yang menargetkan peserta finalis dan pemenang BCA Desa Wisata Award dan juga bagi 12 desa binaan Bakti BCA. “Kehadiran desa wisata menjadi salah satu penopang perekonomian di desa tersebut, maka dari itu ruang edukasi untuk perkembangan serta pemberdayaan desa wisata pun diperlukan untuk meningkatkan kualitas sebuah desa wisata,” kata Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati, dalam rilisnya, Kamis (30/12).

BACA :  23 Tahun Tak Selesai, Ketua DPD RI: JLS Jatim Harus Dipercepat

“BCA yang telah berjalan dengan program Desa Wisata binaan pun konsisten menghadirkan pelatihan sampai dengan pendampingan bagi pengurus desa binaan. Sepanjang tahun 2021 ini, kami telah melaksanakan berbagai kegiatan bagi desa wisata dengan kegiatan puncak yaitu BCA Desa Wisata Award 2021. Pelatihan yang dilaksanakan di penghujung tahun 2021 ini merupakan bentuk konsistensi kami dalam melakukan pendampingan,” tambahnya

Ada pun sejumlah webinar yang telah dilaksanakan bagi finalis dan pemenang BCA Desa Wisata Award antara lain Pelatihan Manajemen Keuangan UNTUNG atau Upaya Ngatur Uang yang dilaksanakan pada 12 dan 23 November, Webinar Desa Wisata Goes Digital yang dilaksanakan pada 15 dan 16 Desember, Webinar Inovasi Layanan pada 15 Desember dan webinar dengan topik Growth Booster Strategy Desa Wisata yang dilaksanakan pada 17 Desember.

Sementara itu, pelatihan juga dilakukan bagi 12 Desa Wisata binaan Bakti BCA dengan berbagai pelatihan yaitu Pelatihan Manajemen Keuangan UNTUNG yang dilaksanakan pada 30 November, Webinar dengan tema Desa Wisata Sukses dengan Growth Mindset pada 29 November, Webinar dengan tema Membangun Kreativitas Menuju Masa Depan pada 9 Desember.

BACA :  Ketua DPD RI Dukung Obligasi Daerah, Penerapannya Harus Ketat dan Terukur

Pada program pelatihan yang dilaksanakan membahas mengenai hal yang dapat menunjang kemajuan desa wisata seperti tata kelola keuangan, prinsip manajemen pengelolaan sumber daya manusia, pelatihan growth mindset, pelatihan Desa Wisata Goes Digital, Inovasi Layanan dan Growth Booster Strategy Desa Wisata.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen BCA dalam upaya meningkatkan kapasitas masyarakat, agar masyarakat dapat selalu berkembang dan memiliki semangat untuk berinovasi. Melalui pelatihan ini kami ingin membimbing secara nyata dan konsisten bagi seluruh pengurus desa wisata dengan menghadirkan materi serta narasumber yang relevan dan ahli dalam bidangnya,” tutur Inge.

Sebagai informasi, program Solusi Bisnis Unggul merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility yang dimiliki oleh BCA untuk pembinaan terhadap UMKM, komunitas dan desa yang mempunyai potensi pariwisata dan edukasi budaya. BCA melalui program Bakti BCA sudah mengembangkan 12 desa wisata binaan yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Bali. Di tahun 2021 ini, BCA juga menggelar BCA Desa Wisata Award 2021 yang menjadi ajang bersinarnya desa wisata yang tangguh meskipun masih dihadang oleh pandemi.

BACA :  Filep Dorong Stakeholder Tegas Awasi Realisasi Proyek di Wilayah Papua Barat

“BCA berharap semoga rangkaian kegiatan webinar ini dapat diserap sebaik mungkin sehingga dapat diimplementasikan bagi banyak sektor di dalam desa wisata. Selain itu, saya juga berharap sektor pariwisata dapat segera pulih dan bangkit kembali seiring dengan upaya pemerintah dalam mendorong pemulihan perekonomian Indonesia,” tutupnya.

Penulis/editor: Ivan Iskandaria.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular