Rabu, Februari 28, 2024
BerandaBangliDukung Ranperda Layak Anak, Fraksi Golkar DPRD Bangli Minta Eksekutif Turunkan Angka...

Dukung Ranperda Layak Anak, Fraksi Golkar DPRD Bangli Minta Eksekutif Turunkan Angka Stunting

BANGLI, balipuspanews.com – Meski menyatakan mendukung Ranperda Kabupaten Layak Anak, fraksi Golkar DPRD Bangli memberikan sejumlah catatan kepada eksekutif dalam rapat paripurna, Selasa (21/11/2023) dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi. Dalam catatannya, fraksi beringin meminta pemerintah melakukan upaya untuk menurunkan angka stunting.

“Fraksi Golkar mendukung dan mengapresiasi langkah pemerintah dalam membuat Ranperda ini. Namun, ada masukan yang perlu diperhatikan. Antara lain terus melakukan upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Bangli,” kata ketua fraksi Golkar DPRD Bangli I Nengah Darsana.

Fraksi beringin mengharapkan ada sosialisasi akibat hukum terhadap pelaku tindak kekerasan anak di sekolah dan masyarakat.

“Juga perlu melakukan sosialisasi akibat hukum terhadap pelaku aborsi dan akibat hukum terhadap pelaku pelecehan seksual terhadap anak di tengah masyarakat,” kata Darsana.

Untuk itu, fraksi Golkar, kata Darsana, sependapat dengan pemerintah. Menurutnya, anak merupakan penerus bangsa sehingga bagaimana negara, masyarakat dan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak.

“Kehadiran Perda ini memberikan kepastian pada hak anak terlindungi dan negara hadir melalui regulasi untuk memastikan dan memenuhi hak-hak anak,” kata Darsana.

BACA :  Jadi Program Prioritas, Pemkot Denpasar Usulkan Pengangkatan 4.602 Formasi PPPK

Terkait Ranperda pengarusutamaan gender, Golkar mempertanyakan langkah – langkah strategis apa yang menjadi penekanan, baik preventif maupun solutif untuk mengurangi angka kejahatan terhadap perempuan dan anak.

Golkar meminta eksekutif agar menetapkan program yang lebih responsive untuk mengatasi masalah gender termasuk juga mempertanyakan tentang keseriusan dan fokus kerja Pemerintah Kabupaten Bangli dalam penanganan PUG yang harus diukur secara konkrit dan evaluasi secara khusus.

Penulis/Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular