Duta Gong Kebyar Kabupaten Buleleng, Bius Ribuan Penonton pada PKB ke-XLIV

Penampilan salah satu duta Gong kebyar dari Kabupaten Buleleng dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke XLIV Tahun 2022 di panggung terbuka Ardha Candra Denpasar, Minggu (26/6/2022)
Penampilan salah satu duta Gong kebyar dari Kabupaten Buleleng dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke XLIV Tahun 2022 di panggung terbuka Ardha Candra Denpasar, Minggu (26/6/2022)

DENPASAR, balipuspanews.com – Ribuan pasang mata terpukau menyaksikan penampilan 3 Gong Kebyar Duta Kabupaten Buleleng dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke XLIV tahun 2022 di panggung terbuka Ardha Candra Denpasar, Minggu (26/6/2022).

Tidak hanya penonton, Gubernur Bali I Wayan Koster didampingi Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Wakil Bupati Nyoman Sutjidra, Sekda Buleleng Gede Suyasa, para Asisten dan sejumlah pimpinan SKPD Pemprov Bali dan Pemkab Buleleng yang hadir menyaksikan parade gong kebyar Duta Kabupaten Buleleng juga terlihat sangat antusias.

Duta Gong Kebyar Kabupaten Buleleng menampilkan performa apik dari tiga sekeha gong yakni Gong Kebyar Dewasa Sekeha Eka Wakya Banjar Paketan, Desa Adat Buleleng Kecamatan Buleleng, Sekeha Gong Kebyar Wanita Sanggar Seni Wahana Santhi Desa Umejro, Kecamatan Busungbiu dan Gong Kebyar Anak Padepokan Seni Dwi Mekar, Kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng.

Baca Juga :  Punya Banyak Kesamaan, PSI Potensial Perkuat KIB

Penampilan pertama dari Gong Kebyar Anak Padepokan Seni Dwi Mekar, Kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng membawakan tabuh berjudul Bulak Agung yang artinya sumber mata air besar sebagai sumber kemakmuran dan memberi kehidupan. Sekeha gong ini dikoordinir oleh Gede Pande Olit.

Tidak kalah dengan sekeha gong pria, Sekeha Gong Kebyar Wanita Sanggar Seni Wahana Santhi Desa Umejro, Kecamatan Busungbiu membius penonton dengan membawakan Tari Kebyar Buleleng Dauh Enjung yang ditarikan oleh empat orang penari yang terbagi ke dalam dua segmen yang terintegrasi diiringi tabuh yang sangat enerjik.

Sekeha ketiga Gong Kebyar Dewasa Sekeha Eka Wakya Banjar Paketan, Desa Adat Buleleng Kecamatan Buleleng dengan membawakan tabuh kreasi berjudul Jaga Ranu yang terinspirasi dari cerita menjaga kelestarian Danau Tamblingan.

Baca Juga :  Unud Jembatani Pasar Perikanan dan Kelautan Berbasis Aplikasi

Lebih lanjut ketiga sekeha gong kebyar ini secara bergantian kembali menunjukkan aksi-aksi yang penuh semangat dalam memberi hiburan kepada ribuan penonton yang hadir di malam ini.

“Kita berusaha tampilkan yang terbaik dan semaksimal mungkin untuk malam ini dengan latihan serta penampilan sebelum pentas di PKB ini,” singkat Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, I Nyoman Wisandika.

Penulis: Nyoman Darma
Editor: Oka Suryawan

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
balipuspanews android aplikasi
sewa mobil termurah dibali
sewa motor matic murah dibali