Selasa, April 16, 2024
BerandaGianyarEdukasi Warga Peduli Lingkungan, Pemilik Villa dan Restaurant di Desa Sayan, Ubud...

Edukasi Warga Peduli Lingkungan, Pemilik Villa dan Restaurant di Desa Sayan, Ubud Tukar Beras Dengan Sampah

GIANYAR, balipuspanews.com – Pemilik restaurant dan villa di desa Sayan, Ubud, Gianyar menyediakan beras untuk ditukarkan dengan sampah yang dikumpulkan warga setempat sebagai bentuk edukasi dimasa pandemik covid- 19 ini.

Made Janur Yasa, salah satu pengusaha restaurant setempat yang ditemui, Minggu (7/6/2020) menjelaskan, program tersebut pernah dilakukan di banjarnya sendiri di Banjar Jangkahan, Desa Batuaji, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan.

Melihat kegiatan itu menguntungkan banyak pihak, sehingga ia berinisiatif melakukan aksi serupa di tempat usahanya.

“Kita mulai rubah cara pemberian bantuan, sehingga membersihkan lingkungan dari sampah plastik warga dapat beras,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Made Janur menyampaikan program tersebut dapat menggugah warga dalam memilah sampah.

Dengan demikian, lingkungan menjadi bersih, dan para donator yang ikut di dalam aksi itu juga merasa sumbangan mereka menjadi lebih berharga dan bermanfaat.

Sehingga aksi itu dapat menyadarkan masyarakat membersihkan lingkungan dengan mengumpulkan sampah yang bisa didaur ulang kemudian ditukar dengan beras.

Sementara Perbekel Desa Sayan, I Made Andika mengaku, penukaran sampah plastik dengan beras itu dilakukan untuk membantu warga desa yang terdampak covid 19.

BACA :  Perwakilan Kecamatan Sukawati Terpilih Sebagai Jegeg-Bagus Gianyar Tahun 2024

“Warga datang bawa sampah, dan pulangnya bawa beras. Program ini juga didasari oleh filosofi Among Krisma Kerti yang berarti makna sebuah upaya menjaga keseimbangan dan kelestarian rumah sendiri,” paparnya.

Andika menambahkan, penukaran itu berlangsung selama empat hari berturut-turut di empat banjar yang memiliki bank sampah. Pertama dari Bank Sampah Kaswari Banjar Penestanan Kelod pada Sabtu (6/6/2020).

Bank Sampah Asri Banjar Penestanan Kaja, Minggu (7/6/2020), Bank Sampah Kedassih Banjar Pande, Senin (8/7/2020), dan Bank Sampah Luwu Mas di Banjar Mas, Desa Sayan pada Selasa (9/6/2020).

“Kami di desa menyediakan sebanyak 2 ton beras, masing-masing bank sampah mendapat bagian 500 kilogram beras. Jika kurang sisanya akan dibantu oleh donator yang sudah membantu kegiatan ini. Yaitu dari beberapa perkumpulan restaurant dan villa di Desa Sayan,” imbuhnya.

Sementara untuk beras yang didapatkan dari warga, untuk 1 kilogram sampah akan mendapatkan 1 kilogram beras. Bahkan warga yang menukarkan sampah bervariasi jumlahnya, mulai yang 1 kilogram hingga 108 kilogram.

“Yang terbanyak ada menukarkan sampah dan mendapatkan beras sebanyak 108 kilogram beras,” pungkasnya.

BACA :  Pererat Persaudaraan, Puri Ageng Mengwi Haturkan Sesajen Pelebon Puri Ubud

PENULIS : Ketut Catur

EDITOR : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular