Selasa, Juli 16, 2024
BerandaNasionalJakartaEks Ajudan Prabowo, Sudaryono Digadang Jadi Gubernur Pilihan Masyarakat Jateng

Eks Ajudan Prabowo, Sudaryono Digadang Jadi Gubernur Pilihan Masyarakat Jateng

JAKARTA, balipuspanews.com– Survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) dengan tema mengukur preferensi masyarakat Jawa Tengah jelang pilkada Jawa Tengah (Jateng) terhadap tokoh-tokoh yang berpotensi maju di Pilkada Jateng.

Pemilihan Gubernur Jawa Tengah akan digelar bersamaan dengan Pilkada Serentak pada 27 November mendatang. Meski masih lama, sejumlah tokoh diprediksi bakal ikut dalam persaingan ketat pemilihan Gubernur Jawa Tengah untuk periode 2024-2029.

Merujuk hasil survei Top of Mind bakal calon Gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2024 yang digelar lembaga survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), berikut tokoh-tokoh yang masuk dalam bursa calon Gubernur Jawa Tengah Hendrar Prihadi, Sudaryono, Taj Yasin Maimoen, Dico M. Ganinduto, Muhammad Yusuf Chudlori, Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Hal itu terlihat dari hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia yang digelar mulai tanggal 12 -22 April 2024 lalu.

Dimana tingkat elektabilitas Hendrar Prihadi mantan walikota Semarang mencapai 21,2 persen kemudian Sudaryono Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah 19,1 persen, mantan wagub Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mencapai 16,6 persen, Irjenpol Ahmad Lutfie Kapolda Jawa Tengah 11,7 persen dan Dico M. Ganinduto mantan bupati Kendal 11,1 persen, Muhammad Yusuf Chudlori politisi PKB tingkat elektabilitasnya mencapai 9,2 persen, sementara itu yang tidak memilih mencapai 11,1 persen.

BACA :  Hari Suci Saraswati dari Kacamata Tattwa, Etika, dan Upacara

Dari 1820 responden warga Jawa Tengah yang terpilih sebagai responden, hasil temuan survei LKPI baru sebanyak 49,3 persen yang mengetahui akan adanya pilkada Jawa Tengah pada bulan November 2024, dan selebihnya sebanyak 50,7 persen tidak tahu atau tidak mengerti akan adanya pilkada Jawa Tengah.

Direktur Eksekutif LKPI Tobu Lubis, mengatakan, dalam Survei ini dilakukan di 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah, menggunakan sampel warga Jawa Tengah yang sudah berusia di atas 17 tahun sebanyak 1820 responden, dari populasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Provinsi Jawa Tengah sebanyak 28.289.413 orang. Survei memiliki Margin of error +/- 2,3 % dengan tingkat kepercayaan atau level of confidence sebesar 95%.

“Penarikan sample menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multi stage random sampling,” kata Tobus Lubis, Senin (18/6/2024).

Sementara itu pada pertanyaan tertutup kepada 1829 responden terkait jika pemilihan Gubernur Jawa Tengah pada tahun 2024 dilaksanakan hari ini,Tingkat keterpilihan Hendrar Prihadi sebanyak 22,7 persen, Sudaryono 20,1 persen, Taj Yasin Maimoen sebanyak 11,3 persen kemudian Ahmad Luthfi 10,9 persen, Dico M. Ganinduto sebanyak 9,7, dan Muhammad Yusuf Chudlori sebanyak 8,8 persen, dan yang tidak memilih sebanyak 16,5 persen.

BACA :  Bahas Potensi Sekitar Kelautan, Pemkot Terima Kunjungan Lembaga Adat Bangsa Orang Laut Internasional Pekan Baru

Menanggapi hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) yang mengunggulkan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng), Sudaryono, Pengamat politik yang juga dosen Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Veteran Yogyakarta, Ludiro Madu mengatakan bahwa majunya Sudaryono akan membawa angin segar bagi masyarakat Jawa Tengah. Karena Sudaryono merupakan sosok dan tokoh yang sudah dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah.

“Masyarakat Jateng ingin pemimpin yang baru, maka Sudaryono menjadi pilihan masyarakat Jateng, karena ingin adanya angin segar atau perubahan bagi Jawa Tengah,” kata Ludiro kepada wartawan, Sabtu (27/4/2024) lalu.

Ludiro menyebutkan bahwa meskipun adanya jagoan PDIP, yakni mantan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, tetapi masyarakat Jateng akan lebih cenderung memilih Sudaryono sebagai Cagub pilihan.

“Walaupun ada jagoan dari PDIP, yakni Hendrar Prihadi, tetapi masyarakat Jateng akan lebih cenderung memilih Sudaryono sebagai Cagub pilihan,” kata Ludiro.

Menurut dia, pertarungan Pilgub Jawa Tengah sangat ketat, maka ini menjadi peluang Sudaryono untuk kerja keras dalam memenangkan Pilgub Jateng.

BACA :  Hari Suci Saraswati, Jajaran Pemkot Denpasar Ngaturang Bhakti di Pura Agung Jagatnatha

“Apalagi Sudaryono sebagai Ketua DPD Gerindra Jateng lebih memahami kemauan warga Jateng.Maka ini peluangnya untuk merebut kursi Gubernur Jateng, dengan kerja kerasnya,” ungkap Ludiro.

Tak hanya itu, kata dia, kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 juga akan berdampak bagi Sudaryono mendapat dukungan besar dari semua kalangan masyarakat Jateng.

“Jadi kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 juga akan berdampak bagi Sudaryono untuk dapat dukungan dari semua kalangan masyarakat Jateng,” bebernya.

Ia menambahkan bahwa hasil survei LKPI terkait unggulnya Sudaryono menjadi semangat untuk Gerindra memenangkan Pilgub Jateng.

“Hasil survei LKPI terkait unggulnya Sudaryono tentu menjadi semangat untuk Gerindra dalam memenangkan Pilgub Jateng,” tegas Ludiro.

Penulis: Hardianto
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular