Kamis, Maret 28, 2024
BerandaTabananEmpat Bangunan Rusak

Empat Bangunan Rusak

Tabanan, (Balipuspanews) – Empat buah bangunan rusak, akibat ebuah pohon Beringin setinggi 40 meter di depan Pura Luhur Batukau, di Banjar Wangaye Kaja, Desa Wangaya Gede, Kecamatan Penebel, Tabanan, Jumat dini hari (18/11).

Adapun keempat bangunan tersebut adalah pos pecalang, pos kesehatan, toilet serta garase. Bahkan dua unit sepeda motor milik Pecalang yang sedang berjaga pun ikut tertimpa dahan pohon berdiameter 1,5 meter tersebut, kerugian diperkirakan Rp 300 juta. Bendesa Adat Desa Pekraman Wangaya Gede, I Gede Manu Ardana (66) menjelaskan jika kejadian tersebut ia ketahui setelah Pecalang yang bertugas menghubunginya dan menyampaikan bahwa telah terjadi musibah.

Ia bersama warga pun kemudian bergegas menuju Pura dan ternyata empat bangunan yang ada di sebelah kanan lokasi parkir tertimpa pohon. “Pertama dahan pohon beringin yang patah kemudian menimpa dahan pohon Legung, barulah kedua pohon ini jatuh dan menimpa bangunan-banguna tersebut,” jelasnya.

Dari keempat bangunan tersebut, bangunan garase kendaraan lah yang paling parah karena langsung hancur ketika ditimpa dahan pohon hingga tak berbentuk lagi. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, karena dua orang Pecalang yang berjaga kebetulan sedang berada di bangunan Sekretariat Pura.

BACA :  Sekda Gede Susila Hadiri Acara Pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali

“Hanya saja sepeda motor Jupiter MX dan Yamaha Mio milik kedua Pecalang kami rusak,” sambungnya. Menurutnya, patahnya dahan pohon yang berusia ratusan tahun tersebut diperkirakan akibat gempa pada Rabu malam yang menyebabkan dahan yang rimbun tersebut retak hingga akhirnya tumbang.

Pihak Desa bersama jajaran Polsek Penebel, Koramil Penebel, dan BPBD Tabanan beserta warga sekitar 60 orang pun kemudian bergotong royong membersihkan pohon dengan terlebih dahulu memotong dahan kayu dengan sensor. “Karena pohon menutupi akses jalan masuk menuju Pura kami bergerak cepat bergotong royong untuk membersihkan pepohonan yang tumbang,” tandasnya. Ras

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular