Empat Negara Amerika Selatan Luncurkan Tawaran Resmi Menjadi Tuan Rumah Bersama Di Piala Dunia 2030

Menteri Olahraga Uruguay mengatakan 4 negara akan mengajukan tawaran mereka ke FIFA
Menteri Olahraga Uruguay mengatakan 4 negara akan mengajukan tawaran mereka ke FIFA

Berita Bola, Amerika Selatan- Empat negara di Amerika Selatan yang tergabung dalam CONMEBOL Uruguay, Argentina, Paraguay dan Chili pada hari Selasa meluncurkan tawaran untuk menjadi tuan rumah bersama di Piala Dunia 2030 yang ke 100 tahun dengan harapan membawa kompetisi dunia kembali ke rumah pertamanya.

“Kami berada di tempat ikonik di mana sejarah dimulai,” kata Alejandro Dominguez, presiden badan sepak bola Amerika Selatan CONMEBOL, dari stadion Centenario di Montevideo tempat final Piala Dunia pertama diadakan pada tahun 1930. Uruguay memenangkannya, mengalahkan Argentina 4- 2, tetapi sekarang tetangga telah bergabung bersama – bersama Paraguay dan Chili – untuk mengajukan tawaran hak untuk menjadi tuan rumah pameran global 2030 di bawah slogan “Juntos 2030” (Bersama 2030).

“Ini bukan proyek pemerintah tetapi impian seluruh benua,” tambah Dominguez.

“Akan ada Piala Dunia lainnya tetapi 100 tahun akan dirayakan hanya sekali.”

Baca Juga :  Meriahkan HUT RI ke-77 Gerak Jalan di Buleleng Dimulai

Gagasan tawaran bersama Amerika Selatan untuk turnamen 2030 pertama kali diperdebatkan oleh Uruguay dan Argentina pada 2017 dan dua tahun kemudian empat calon tuan rumah telah ditetapkan.

Tapi butuh waktu sampai sekarang bagi mereka untuk membuat tawaran mereka resmi.

Dan ide romantis untuk membawa turnamen kembali ke rumah pertamanya adalah inti dari rencana otoritas sepak bola dan olahraga dari empat negara yang hadir pada peluncuran hari Selasa.

Ide Piala Dunia “dipikirkan, dianalisis, dan dipraktikkan di Uruguay hampir 100 tahun yang lalu,” kata Ignacio Alonso, presiden asosiasi sepak bola Uruguay (AUF).

“Ini menjadi festival olahraga terbesar di dunia,” katanya, memuji “keberanian, keberanian, kecerdasan, dan usaha” yang dilakukan untuk menggelar turnamen pertama.

Paraguay Dominguez, bagaimanapun, mengingatkan mereka yang hadir bahwa argumen simbolis tidak akan cukup.

“Kami tidak bisa hanya mengandalkan sentimental, kami harus memainkan peran kami dan berada dalam kondisi” untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Kembali Tegaskan Jangan Ragu Usut Tuntas Kasus Brigadir J

“Meninggalkan warisan”
Menteri Olahraga Uruguay, Sebastian Bauza, mengatakan keempat negara itu akan mengajukan tawaran mereka ke FIFA pada Mei 2023, dengan badan pengatur dunia itu akan membuat keputusannya setahun kemudian.

“Kita harus mengadakan Piala Dunia berkelanjutan yang meninggalkan warisan bagi keempat negara ini,” kata Bauza, menambahkan bahwa beberapa bank internasional telah menyatakan minatnya untuk mendukung tawaran tersebut.

Tawaran bersama Amerika Selatan kemungkinan akan muncul melawan setidaknya dua proposal lainnya.

Spanyol dan Portugal telah secara resmi mengajukan tawaran bersama sementara Maroko telah berulang kali bersikeras bahwa mereka akan mengajukan tawaran untuk menjadi negara Afrika kedua yang menjadi tuan rumah putaran final.

Inggris dan Republik Irlandia memutuskan pada Februari untuk membatalkan tawaran bersama yang akan membuat lima federasi anggota FIFA menjadi tuan rumah turnamen tersebut.

Ada juga pembicaraan tentatif tentang tawaran Israel bersama Uni Emirat Arab dan Bahrain.

Baca Juga :  Manchester United Tertarik Datangkan Adrien Rabiot Dari Juventus

Turnamen 2030 akan menampilkan 48 tim dan Dominguez mengatakan sekitar 14 stadion akan digunakan untuk sekitar 80 pertandingan.

Sebaliknya, di Piala Dunia Qatar akhir tahun ini, akan ada 32 tim yang memainkan 64 pertandingan di delapan venue.

Pada tahun 1930 hanya ada 13 tim dan seluruh turnamen dimainkan di kota yang sama Montevideo dengan hanya di tiga stadion.

“Lebih sulit dan berat bagi sebuah negara untuk merencanakan pencalonan sendiri,” kata Dominguez.

Jika berhasil, itu akan menjadi pertama kalinya sebanyak empat negara menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Turnamen 2026 telah diberikan kepada tiga negara – Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat. Piala Dunia terakhir yang diselenggarakan di Amerika Selatan adalah Brasil 2014. Lebih dari setengah dari 21 turnamen Piala Dunia yang telah dipentaskan telah diadakan di Eropa.

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
balipuspanews android aplikasi
sewa mobil termurah dibali
sewa motor matic murah dibali