Polsek Kuta Selatan saat mengamankan 4 orang laki-laki pelaku penganiayaan hewan yaitu anjing lokal yang sempat viral di media sosial
Polsek Kuta Selatan saat mengamankan 4 orang laki-laki pelaku penganiayaan hewan yaitu anjing lokal yang sempat viral di media sosial

BADUNG, balipuspanews.com – Polsek Kuta Selatan telah mengamankan 4 orang laki-laki pelaku penganiayaan hewan yaitu anjing lokal yang sempat viral di media sosial.

Adapun identitas dari keempat orang tersebut adalah Harman, Ardi, Ari, dan Budi. Kronologi kejadian nya yaitu pada, Selasa (23/6/2020) sekitar pukul 17.00 WITA, pelapor (korban) memberi anjing makan, dan anjing masih ada dirumah akan tetapi sempat keluar rumah seperti biasa untuk buang air kemudian sekitar jam 17.30 WITA korban keluar rumah untuk melaksanakan ibadah.

“Saat itu dirumah korban sedang tidak ada siapa-siapa dan sekitar pukul 18.15 WITA korban menerima telpon dari adiknya Jennifer Ester Adelayne Talomanafe mengatakan anjingnya yang bernama Sule dicuri oleh orang tak dikenal dengan cara dipukul dengan kayu balok,” ungkap, AKP Yusak Agustinus, selaku Kapolsek Kuta Selatan, Minggu (28/6/2020).

Setelah anjing tidak berdaya lalu diambil dan dimasukkan kedalam karung dan kejadian itu terekam dalam vidio yang sempat di rekam oleh tetangga.

Lalu jajaran Polsek Kuta lakukan penangkapan pada, Sabtu (27/6/2020) sekira pukul 08.00 WITA team opsnal Kuta Selatan dipimpin Panit dan Kanit Reskrim melakukan lidik di seputaran Jalan Sesetan Gang Taman Sari No 7A Lingkungan Banjar Gaduh Sesetan Denpasar Selatan, gabung team Resmob Resta lidik alamat sepeda motor yang digunakan oleh pelaku dan lidik seputaran tkp di Perum Griya Nugraha Gang Jeruk C1 Nomor 8 Keluraha Benoa, Kuta Selatan Badung.

Di seputaran TKP Mendapat informasi dari warga bhwa teman dari 4 pelaku dalam vidio ada yanh dikenali yaitu atas nama Berto, kemudian dilakukan pencarian dan Berto diamankan dengan status saksi di parkiran Cocomart Taman Giri sekira pukul 16.00 WITA.

Kemudian dari pengakuan Berto bahwa ia mengenali orang-orang yang ada di rekaman vidio yang viral tersebut atas nama Harman, Ardi, Ari, dan Budi. selanjutnya dilakukan pencarian terhadap 4 orang pelaku.

Pada saat diamankan para pelaku mengakui perbuatannya dan tanpa perlawanan. Pelaku diamankan dikos-kosan Jalan Bypass Ngurah Rai Gang Singapur Lingkungan Mumbul, Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung sekira pkl 16.30 WITA.

“Kemudian pelaku menunjukkan tempat membakar anjing dibelakang kosan dekat rawa-rawa serta diamankan karung, kayu, serta sepeda motor yang digunakan pada saat kejadian. Selanjutnya para pelaku digiring kemako Kuta Selatan guna proses lebih lanjut,” tambahnya.

Saat di interograsi para pelaku mengatakan, mendatangi Perum Taman Giri untuk mengambil anjing yg ditawarkan oleh Udin lewat saksi Berto.

Empat orang pelaku mengakui melakukan penganiayaan atau pemukulan anjing sampai mati dan membawa kekos hanya untuk dimasak dan disantap bersama-sama.

Pelaku bernama Harman berperan mengambil potongan kayu kelor dibelakang garase mobil dekat TKP, lalu memukul kepala anjing sebanyak dua kali, dan mengendarai sepeda motor merk Yamaha R15 berwarna putih dari TKP menuju Kos.

Lalu pelaku Ardi berperan menerima kayu balok dari Budi dan Memukul kepala anjing sebanyak dua kali. Sedangkan pelaku bernana Ari berperan mengendarai sepeda motor Yamaha R15 warna putih dari kos ke TKP dan memasukkan anjing ke dalam karung.

“Dan pelaku bernama Budi berperan membawa karung warna putih dari kos, mengambil kayu balok dibelakang garase mobil dan kemudian kayu balok diberikan ke Ardi, memasukkan anjing kedalam karung, dan mengendarai sepeda motor Jupiter MX membonceng Ari sambil menjepit karung memangku dibelakang. Selanjutnya para pelaku dijerat dengan pasal 302 KUHP tentang penganiayaan hewan,” tandasnya. (*)

Penulis : Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

Editor : Putu Artayasa