Pamitan dengan Bupati Suwirta,Empat Siswa Klungkung Ikuti Final FL2N Tingkat Nasional.
sewa motor matic murah dibali

SEMARAPURA, balipuspanews.com.Dua siswa Sekolah Dasar (SD) dan Dua siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Klungkung akan mengikuti final Festival Lomba Literasi Nasional (FL2N) di Tanggerang, 25-29 Juli mendatang. Keempatnya berhasil lolos seleksi untuk lomba mendongeng, baca puisi, story telling dan cipta cerpen.

Sebelum bertolak ke Tanggerang, Gede Ramana Suypa Gunawan, siswa kelas 6 SDN 1 Semarapura Kangin, Putu Adi Pramana, kelas 5 SDN 1 Takmung, Ni Made Neyra Sitaswari Weda siswa kelas 8 SMPN 1 Semarapura dan I Gusti Diah Witari siswa kelas 9 SMPN 2 Semarapura berpamitan dengan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di ruang rapat bupati, Senin (22/07/2019).

Mereka didampingi Kadis Pendidikan Kabupaten Klungkung dan para guru untuk meminta restu membawa nama baik Klungkung di pentas nasional. Gede Ramana Suypa Gunawan akan mengikuti lomba mendongeng, Putu Adi Pramana akan menunjukkan kemampuannya membaca puisi, Ni Made Neyra Sitaswari Weda akan mengikuti lomba story telling dan I Gusti Diah Witari akan mengikuti lomba cipta cerpen.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gede Darmawan mengatakan, perlombaan ini bukanlah lomba berjenjang. Peserta cukup menunjukkan bakatnya melalui video dan diunggah dalam laman Youtube dan dikirimkan ke Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dan diketahui kepala sekolah yang bersangkutan. “Gede Ramana Suypa Gunawan mengirimkan video dongeng Tujuh Putri. Tema ini disesuaikan dengan tema yang telah ditentukan yakni Suka Cita Anak Indonesia Belajar Sepanjang Hayat,” Jelasnya.

Dewa Gede Darmawan juga menyampaikan, Video yang dikirimkan murni hasil pengambilan gambar tanpa melalui proses editig. Demikian halnya dengan lomba baca puisi yang diikuti Putu Adi Pramana dia juga mengirimkan video sesuai lomba diikuti. “Dari Pemerintah Pusat kami difasilitasi untuk berangkat bersama ke Jakarta tanggal 25 juli mendatang,” imbuhnya.

Pendamping siswa, Ni Kadek Citrawati mengungkapkan siswanya telah mengikuti perlombaan ini dua kali. Awalnya memang agak kesulitan untuk bisa mengikuti lomba karena minimnya informasi yang diterima. Seiring perjalanan waktu dan mencoba mengikuti, akhirnya bisa berbuah manis. Ia juga menyampaikan Batas akhir pengiriman karya tersebut ditentukan pada akhir April lalu. Sementara hasil seleksi baru disampaikan kepada peserta pada awal bulan juni 2019.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sendiri memberikan motivasi bagi keempat siswa untuk benar-benar menunjukkan performa terbaiknya dalam lomba nanti. Bupati Suwirta juga meminta agar peserta lomba bisa menjaga stamina dan mempersiapkan diri dengan baik. “Tetap semangat, kuatkan mental sebelum bertanding. Berkompetisi demi nama baik kabupaten klungkung. Tentunya anak-anak ini juga membawa nama Bali,” ujarnya.Roni