Jumat, Juli 26, 2024
BerandaJembranaEmpat Warga Digigit Anjing Rabies, Tim Lakukan Vaksinasi Emergency

Empat Warga Digigit Anjing Rabies, Tim Lakukan Vaksinasi Emergency

JEMBRANA, balipuspanews.com– Kasus gigitan anjing positif rabies kembali terjadi di Jembrana. Empat orang warga Desa Manggissari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana menjadi korban gigitan anjing gila tersebut.

Kasus gigitan tersebut terjadi, Minggu (15/11/2023) sore. Setelah dilaporkan tim dari Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Jembrana kemudian turun dan mengambil sampel otak anjing yang menggigit warga tersebut.

Sampel otak anjing itu, kemudian dibawa ke laboratorium veteriner di Denpasar. Pada Senin (17/11/2023) hasilnya keluar dan dinyatakan positif rabies.

“Setelah diketahui anjing itu positif rabies lalu kami melakukan penelusuran,”ujar Kabid Keswan dan Kesmavet dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Jembrana, I Wayan Widarsa.

Lebih lanjut dikatakan awalnya memang satu warga yang diketahui digigit dan sudah mendapat VAR di Puskesmas. Lalu dari hasil penelusuran ada tiga orang lagi yang digigit termasuk satu anak 8 tahun dan sudah ditangani.

Untuk meminimalisir munculnya kasus baru, tim vaksinasi diturunkan untuk melakukan vaksinasi emergency di Desa Manggissari. Sasarannya hewan penular rabies (HPR) terutama anjing peliharaan warga.

BACA :  Pemkot Upayakan Pemenuhan Tenaga Guru dan Penyelesaian Tenaga Non ASN di Tahun 2024

“Vaksinasi emergency ini untuk mencegah penyebaran rabies. Masyarakat yang memelihara HPR agar dikandangkan dan dirawat dengan baik termasuk divaksin sehingga bebas dari rabies,” ungkapnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular