Enam Orang Terjaring Salah Memakai Masker Saat Tim Yustisi Sidak di Pasar Yehembang Kauh Jembrana

Tim yustisi gelar razia masker di pasar Yehembang Kauh, Jembrana
Tim yustisi gelar razia masker di pasar Yehembang Kauh, Jembrana

NEGARA, balipuspanews.com – Enam warga terjaring tim yustisi Kabupaten Jembrana saat razia masker di pasar Yehembang Kauh, Mendoyo, Jembrana, Bali, Rabu (21/10/2020). Keenam warga tersebut melanggar protokol kesehatan (prokes) karena menggunakan masker tidak sesuai standar kesehatan Covid- 19 seperti masker melorot sampai ke dagu hingga masker tidak menutup rapat hidung.

“Jadi atas hal ini kami lakukan penindakan supaya warga lebih taat terhadap protokol kesehatan yakni salah satunya memakai masker,” kata Kasatpol PP Jembrana Made Leo Agus Jaya.

Menurut Leo, selain menemukan pemakaian masker yang tidak benar, Tim Yustisi juga menemukan ada warga yang menyimpan masker di saku dan jok motor.

Operasi yang berlangsung pukul 09.00 Wita hingga pukul 10.00 Wita itu melibatkan 32 personel gabungan. Atas pelanggaran yang ditemukan, Tim Yustisi hanya melakukan pembinaan kepada enam warga yang terjaring.

Tidak diberikan sanksi, karena memang lebih mengedepankan sisi humanis dan edukasi terhadap warga.

“Jadi, hanya kami bina dan kami buatkan berita acara pembinaannya,” sebut Leo.

Operasi penegakan pemakaian masker mengacu pada Perbup Nomor 36 Tahun 2020 dan Pergub Nomor 46 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan upaya penegakan hukum protokol kesehatan.

Tim gabungan operasi yustisi berasal dari Satpol PP Jembrana, Kodim, Yonif 741/GN dan Denpom Jembrana.

PENULIS : Tim Liputan Covid

 EDITOR : Oka Suryawan