Enam Pasien Covid-19 di Jembrana Sembuh, Tiga Meninggal

Pemulangan pasien sembuh Covid-19 di RSU Negara
Pemulangan pasien sembuh Covid-19 di RSU Negara

JEMBRANA, balipuspanews.com – Ditengah terus meningkatnya kasus positif Covid-19 di Jembrana, enam orang pasien Covid-19 dinyatakan sembuh. Mereka langsung pulang dari RSU Negara, Minggu (25/7/2021). Enam orang pasien Covid-19 tersebut menjalani isolasi selama sepuluh hari.

“Selama menjalani isolasi 10 hari dan dari tes swab PCR tidak ada keluhan sakit, sehingga mereka dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan bisa dipulangkan,” ujar Plt Direktur RSU Negara dr Ni Putu Eka Indrawati.

Mereka yang sudah sembuh dan dipulangkan ini diminta tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dimana saat ini di Jembrana angka terkonfirmasi Covid-19 terus meningkat.

“Jika nanti ada keluhan atau keluarganya ada yang memerlukan layanan kesehatan silakan menghubungi RSU Negara,” ungkapnya.

Baca Juga :  Lomba Sepeda Hias Semarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Tabanan

Memulangkan enam orang pasien Covid-19 yang sudah sembuh, RSU Negara juga melaporkan ada tiga orang pasien isolasi yang meninggal. Pasien yang dilaporkan meninggal itu pertama seorang laki-laki berusia 68 tahun warga kelurahan Gilimanuk.

Pasien suspect Covid-19 ini masuk RSU Negara, pada Sabtu (24/7/2021) pukul 09.10 WITA merupakan rujukan dari Puskesmas Gilimanuk dengan keluhan sesak dan penurunan kesadaran dan sejak pagi semakin memberat, batuk-batuk sejak 5 hari terakhir.

Setelah menjalani perawatan, pasien yang sudah mendapat vaksin dua kali ini kondisinya semakin menurun dan mulai gelisah lalu pukul 22.05 WITA pasien mengalami henti nafas. Sempat dilakukan resusitasi, namun tidak ada respon dan dinyatakan meninggal pukul 22.20 wita.

Baca Juga :  Kasus Perusakan dan Pembakaran Rumah di Desa Julah Dihentikan

“Hasil swab tes nya masuh kita tunggu untuk penanganan jenazah selanjutnya,” ungkapnya.

Kemudian Minggu pagi dilaporkan seorang pasien Covid-19 laki-laki berusia 63 tahun warga Kelurahan Lelateng, Negara. Dia dirawat sejak Jumat (23/7/2021) pukul 20.41 WITA, dengan keluhan sesak napas memberat sejak satu hari sebelum masuk rumah sakit, demam, batuk dan mual muntah.

Pasien yang baru divaksin Covid-19 satu kali ini dari hasil swab PCR yang dilakukan hasilnya positif. Pasien sempat dikonsulkan ke ruang intensif, namun ruangan belum tersedia dan Minggu pukul 06.12 WITA mengalami henti nafas dan dilakukan resusitasi tetapi tidak ada respon dan dinyatakan meninggal pukul 06.24 WITA kemudian Minggu siang sorang pasien Covid-19 laki-laki berusia 56 tahun asal Pengambengan dilaporkan meninggal.

Baca Juga :  Refleksi 77 Tahun DPR RI, Terus Bertransformasi untuk Menjadikan Indonesia Bangsa Kuat dan Tangguh

Pasien yang mengalami Covid-19 berat dan pneumonia berat itu dirawat di RSU Negara sejak Jumat (16/7/2021) dengan keluhan sesak napas memberat sejak 3 hari sebelum masuk rumah sakit demam dan batuk.

Setelah hasil swab PCR nya positif pasien yang memiliki penyakit penyerta diabetes militus tipe 2 dan belum divaksin itu pukul 12.00 WITA mengalami henti nafas dan dilakukan resusitasi, tetapi tidak berhasil dan dinyatakan meninggal pukul 12.08 WITA.

“Untuk yang positif Covid pemulasaran dan penguburan jenazahnya dilakukan dengan Prokes Covid,” jelasnya.

Saat ini, jumlah pasien Covid-19 yang masih dirawat di ruang isolasi RSU Negara berjumlah 56 orang diantaranya 48 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan 8 orang pasien suspect Covid-19.

Penulis : Anom

Editor : Oka Suryawan