Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBulelengEndek Buleleng Siap Ditampilkan Pada Gelaran PKB ke-44

Endek Buleleng Siap Ditampilkan Pada Gelaran PKB ke-44

BULELENG, balipuspanews.com – Perwakilan Kabupaten Buleleng pada Pekan Kesenian Bali (PKB) ke-44 siap menyajikan sesuatu berbeda dari tahun sebelumnya. Itu karena pada gelaran ini pakaian berbahan kain endek siap ditampilkan melalui fashion show berpasangan pada 26 Juli 2022 tepat pada puncak penampilan perwakilan Buleleng.

Sekedar diketahui kain endek khas Buleleng dikenal memiliki motif yang unik dan sakral sebagai ciri buatan hasil karya tangan orang Buleleng.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Buleleng, I Nyoman Wisandika menyampaikan bahwa acara dipusatkan di Taman Budaya Bali (Art Centre) Denpasar dan Kabupaten Buleleng mendapat bagian pada 26 Juni 2022.

Khusus untuk lomba fashion show yang dilakukan berpasangan melalui penampilan busana adat, kerja, dan pesta.

“Kalau penggunaan endek khas Buleleng nanti mengkhusus dipersembahkan dari Dekranasda dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng melalui penampilan berpasangan menggunakan pakaian adat, pakaian kerja, serta pakaian pesta,” terangnya saat dikonfirmasi, Selasa (24/5/2022).

Wisandika pun menjelaskan soal pendanaan lomba fashion show memakai kain endek bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 45 Juta.

BACA :  Menko PMK Cek Penanganan Stunting dan Penyaluran Bantuan CPP di Aceh

“Itu dananya jadi satu diberikan kepada kewanitaan dan Dekranasda sebebar Rp 45 Juta,” terangnya.

Penulis: Nyoman Darma
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular