19/09/2020, 6:46 AM
Beranda Bali Denpasar Era Gubernur Koster, PKB XLI Akomodir Jasa Pijat Tuna Netra

Era Gubernur Koster, PKB XLI Akomodir Jasa Pijat Tuna Netra

DENPASAR– balipuspanews.com- Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-XLI (41) yang dibuka 15 Juni 2019 mendatang diwarnai berbagai gebrakan di bawah kepemimpinan Gubernur Koster. Selain menggratiskan sewa stand, para penyandang tuna netra juga diberikan stand khusus untuk layanan pijit para pengunjung di areal Art Centre, Denpasar, selama gelaran PKB.

Gebrakan ini lahir berkat sinergi Dinas Sosial Povinsi Bali dan Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Provinsi Bali sebagai induk organisasi penyandang tuna netra. Demikian dikatakan Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra di Denpasar, saat ditemui di kantornya, Senin (10/6) .

Stand layanan jasa pijat, kata mantan Pj. Bupati Bangli ini, bertujuan memberdayakan kaum disabilitas di Bali.

“Layanan ini membuktikan bahwa mereka ada, berguna dan memiliki keterampilan pijat yang profesional. Ini adalah gebrakan baru. Semoga pengunjung memanfaatkan layanan mereka dengan tarif yang terjangkau,” kata Dewa Mahendra.

Dinas Sosial, lanjut dia, telah memfasilitasi penyandang tuna netra dengan berbagai pelatihan teknik pijat dan spa. Sedangkan untuk penyandang tuna rungu dan wicara, pihaknya telah memberikan pelatihan mencukur rambut dan jarit pakaian. Kedepan, ia merencanakan melibatkan penyandang tuna rungu dan wicara tersebut ke dalam berbagai even, salah satunya PKB.

Pria yang belum genap empat bulan menjabat Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali ini mengaku bangga dengan kemampuan sejumlah tuna netra yang hebat seperti menjadi tenaga IT dan jasa servis hand phone.

“Kemampuannya menggunakan komputer bahkan tidak kalah dengan manusia normal. Jadi banyak sekali potensi kaum difabel yang perlu kita berdayakan dan fasilitasi,” tambahnya.

Lebih lanjut Dewa Mahendra menjelaskan, Dinas Sosial Provinsi Bali juga gencar merespon informasi tentang warga yang membutuhkan uluran tangan dari media cetak, eletktronik dan media sosial. Dalam kurun waktu 4 bulan, pihaknya telah menyerahkan bantuan kepada 70 warga kurang mampu dengan menggandeng berbagai komunitas peduli sesama dan relawan.

“Kurang lebih 70 KK yang kita bantu dengan respon cepat. Kami rancang bantuan berkelanjutan dengan menggandeng komunitas peduli sesama,” kata mantan Karo Humas Setda Provinsi Bali tersebut. (bud/bpn/tim)

- Advertisement -

Gali Lubang Pondasi, Dua Buruh asal Sumba Tewas Tertimbun

GIANYAR, balipuspanews.com - Akhir hidup yang cukup tragis menimpa dua buruh proyek asal Sumba, NTT. Keduanya tewas tertimpa longsoran tanah saat menggali pondasi bangunan...

Dapat Info Terkait Adanya Tajen, Polsek Banjar Langsung Grebeg Lokasi

BULELENG, balipuspanews.com - Pelaksanaan kegiatan judi sabung ayam (tajen) jelas dilarang sesuai pasal 303 KUHP, berdasarkan hal itu pihak kepolisian terus mengadakan pemantauan terhadap...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play