Jumat, April 19, 2024
BerandaKarangasemErupsi, Belum ada Warga Mengungsi Luar Radius 4 Kilometer Masih Aman

Erupsi, Belum ada Warga Mengungsi Luar Radius 4 Kilometer Masih Aman

SELAT, Balipuspanews.com – Meski belakangan ini erupsi Gunung Agung kian sering terjadi bahkan disertai dengan lontaran lava pijar. Namun sejauh ini, belum ada pergerakan warga yang mengindikasikan untuk pergi mengungsi ketempat yang lebih jauh.

Situasi tersebut bukan dikarenakan warga sudah tidak takut lagi dengan ancaman erupsi namun warga percaya dengan apa yang direkomendasikan oleh PVMBG yaitu zona bahaya terakumulasi didalam radius 4 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung.

Kendati demikian dalam pengurangan resiko bencana, relawan Pasebaya Agung mempunyai cara tersendiri untuk memberikan rasa aman kepada warga khususnya yang bermukim didekat rekomendasi radius zona bahaya.

Ketua Pasebaya, I Gede Pawana ketika ditanya soal perlukah warga diungsikan dengan situasi Gunung Agung saat ini mengatakan bahwa pihaknya tetap mengikuti rekomendasi dari PVMBG. Hanya saja relawan Pasebaya juga memiliki tugas dalam mengurangi resiko bencana sehingga dari Pasebaya sendiri memberikan hinbauan kepada warga apabila merasa terancam agar segera bergeser ketempat yang lebih aman.

“Seperti dulu, kita juga sempat memberikan himbauan kepada warga apabila merasa terancam agar bergeser ketempat yang lebih aman,” kata Ketua Pasebaya, I Gede Pawana pada Jumat (31/05/2019).

BACA :  Karangasem Berstatus UHC, Ada Warga Berobat BPJSnya Dikatakan Tidak Aktif

Sementara itu, Kasubid Mitigasi Gunung Api Wialayah Timur, Dr. Devy Kamil Syahbana ketika ditanya hal serupa mengatakan, sejauh ini kalau berada diluar radius perliraan zona bahaya yaitu 4 kilometer masih aman.

“Kalau diluar radius 4 kilometer saat ini masih aman,” ujarnya dikonfirmasi via pesan whatsaap. (suar/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular