Fapet Unud kembali Lahirkan Doktor Peternakan

Ni Luh Sukadani usai (tengah) sidang terbuka Promosi doktor
Ni Luh Sukadani usai (tengah) sidang terbuka Promosi doktor

DENPASAR, balipuspanews.com – Fakultas Peternakan Universitas Udayana, kembali melahirkan seorang Doktor di bidang Ilmu Peternakan. Adalah Ni Luh Sukadani merupakan Kepala UPTD.

Rumah Kreatif Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali melalui ujian terbuka promosi doktor yang dipimpin Ketua Sidang, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Udayana Dr. Ir. I Nyoman Tirta Ariana, MS., IPU., Kamis (30/6/2022).

Tim Promotor terdiri dari Prof. Dr. Ir. I Gst. Nym. Gde. Bidura, MS.,IPU., Asean Eng., Dr. Ir. I Nyoman Tirta Ariana, MS., IPU., dan Dr. Ir. Ni Wayan Siti, M.Si.

Promosi Doktor pada hari ini menghadirkan penguji eksternal Dr. drh. I Made Rai Yasa, MP.  dan 5 orang dosen penyanggah dan 4 orang dosen undangan akademik dari Fapet Unud.

Baca Juga :  Kirab Merah Putih MBPS, Wagub: Dulu Melawan Penjajah, Kini Kemiskinan

Disertasi yang berhasil dipertahankan berjudul “Performa Produksi dan Karakteristik Karkas Itik Bali Jantan yang Diberi Ekstrak Air Daun Indigofera zollingerian”.

“Hasil penelitian disertasi mendapatkan novelty bahwa penggunaan ekstrak air daun Indigofera zollingerian pada level 6 persen dalam air minum berkhasiat sebagai additive herbal yang dapat meningkatkan performa produksi dan berkualitas karkas itik bali jantan umur 8 minggu,” papar Sukadani usai ujian.

Disebutkan, tujuan umum dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui dampak pemanfaatan ekstrak air daun Indigofera zollingerian sebagai feed additive pada ternak itik, sedangkan tujuan khusus untuk mengidentifikasi kandungan fitokimia ekstrak air daun Indigofera zollingerian, Mengkaji pemanfaatan ekstrak air daun Indigofera zollingerian pada peningkatan performa produksi dan karakteristik karkas itik bali jantan umur 8 minggu, Mengetahui level penggunaan ekstrak air daun Indigofera zollingerian yang dapat meningkatkan performa produksi dan karakteristik karkas itik bali jantan umur 8 minggu.

Baca Juga :  Sidang Paripurna Istimewa, Peringati Hari Jadi ke-64 Provinsi Bali

Sumber: www.unud.ac.id
Editor: Oka Suryawan