Fasilitasi Pedagang dengan Pembeli dalam Pandemi Covid-19, DPC PDIP Tabanan Gelar Pasar Gotong Royong Krama Bali

Keterangan foto: Ketua DPC PDIP Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., (masker biru) saat berbincang dengan pedagang dalam pasar gotong royong krama Bali yang digelar DPC PDIP Tabanan
Keterangan foto: Ketua DPC PDIP Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., (masker biru) saat berbincang dengan pedagang dalam pasar gotong royong krama Bali yang digelar DPC PDIP Tabanan

TABANAN, balipuspanews.com – Bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya dalam memfasilitasi para pedagang dengan pembeli, DPC PDIP Tabanan menggelar Pasar Gotong Royong Krama Bali. Kegiatan ini digelar di halaman kantor DPC PDIP Tabanan, Jumat (7/8).

Selain dihadiri langsung Ketua DPC PDIP Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., dan Sekretaris I Nyaman Arnawa, S.Sos., serta jajaran pengurus DPC PDIP Tabanan kegiatan ini juga dihadiri anggota Fraksi PDIP DPRD Tabanan. Selain itu hadir pula puluhan pedagang kaki lima, masyarakat umum terutama kaum ibu dan berbagai unsur lainnya.

Ketua DPC PDIP Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., disela-sela acara mengatakan kegiatan ini merupakan ide sekaligus himbauan Ketua DPD PDIP yang sekaligus juga Gubernur Bali I Wayan Koster. Pasar Gotong Royong Krama Bali ini sendiri wajib digelar oleh tiga unsur yakni eksekutif, legislatif dan para DPC PDIP se-Bali.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai langkah kongkrit PDIP untuk membantu masyarakat ditengah pandemi covid-19 yang salah satunya berdampak pada menurunnya daya beli konsumen atau masyarakat. Disinilah PDIP sebagai partainya wong cilik hadir dalam tujuannya membantu ekonomi kerakyatan untuk kedaulatan pangan.

“Kegiatan ini juga sebagai salah satu cara bagi PDIP dalam mengendalikan harga pasar,” jelasnya.

Lebih jauh Dr. Sanjaya mengatakan, selain mengambil langkah kongkrit membantu masyarakat dalam mewujudkan kedaulatan pangan melalui kegiatan ini, PDIP termasuk juga DPC PDIP Tabanan juga akan melakukan berbagai program riil lainnya dalam berbagai bidang. Seperti pada bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya sesuai dengan yang tertuang dalam Pola Pembangunan Semesta Berencana.

Kembali kepada kegiatan pasar gotong royong krama Bali ini, disebutkannya akan digelar secara rutin. Termasuk pula dengan membuat pasar-pasar dadakan di tempat-tempat strategis yang mudah dijangkau masyarakat.

“Selain menyediakan kebutuhan pangan, kedepan dalam kegiatan ini kami juga menambah dengan penyediaan sandang,” imbuhnya.

Dr. Sanjaya yang juga Wakil Bupati Tabanan ini kemudian mengingatkan pada seluruh kader dan simpatisan PDIP Tabanan dan masyarakat umum untuk selalu mengikuti himbauan pemerintah terkait pencegahan meluasnya covid-19. Seperti selalu memakai masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak dan mengedepankan perilaku hidup bersih dan sehat.

Dalam kegiatan ini sendiri terlihat pemberlakuan protokol kesehatan pencegahan covid-19 sangat dikedepankan. Begitu pengunjung tiba dilokasi acara langsung diarahkan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer yang telah disiapkan panitia.

Pantauan awak media ini, pasar gotong royong krama Bali yang digelar DPC PDIP Tabanan ini sangat diminati masyarakat. Ini terbukti padatnya proses jual beli. Bahkan Dr. Sanjaya sendiri juga turut berbelanja membeli berbagai produk pangan lokal.

Penulis: Ngurah Arthadana