Pembukaan secara resmi Festival Krambitan 5 Tahun 2019, Kamis (17/10)
Pembukaan secara resmi Festival Krambitan 5 Tahun 2019, Kamis (17/10)
sewa motor matic murah dibali
TABANAN, balipuspanews.com – Ditandai dengan penumbukan alat tradisional pengolahan padi, yaitu Lesung, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan I Gede Susila, membuka secara resmi Festival Krambitan 5 Tahun 2019, Kamis (17/10).
Festival yang dipusatkan di lapangan umun Kecamatan Kerambitan tersebut direcanakan digelar selama tiga hari, yakni pada 17 Oktober 2019 sampai dengan 19 Oktober 2019 dengan menampilkan berbagai kesenian dan budaya tradisional yang melibatkan semua Desa di Kecamatan Kerambitan.
Bupati Tabanan yang mengawali sambutannya yang dibaca oleh Sekda I Gede Susila mengatakan sangat mengapresiasi seluruh komponen masyarakat Kerambitan atas pelaksanaan Festival yang telah mampu mencapai kelima kalinya, dimana kegiatan ini merupakan gagasan dari seluru elemen masyarakat Kerambitan.
“Melalui Festival Kerambitan 5 Tahun 2019 dengan tema ‘Manur Bhava’  yang bermakna menjadi manusia yang disiplin dalam pikiran, perkataan dan perbuatan, Saya berharap agar seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kerambitan dapat senantiasa menjaga dan menumbuhkembangkan rasa persatuan dan kesatuan, serta kebanggaan daerah melalui seni dan budaya,” ungkapnya.
Pihakna juga menjelaskan bahwa festival ini juga merupakan ruang bagi generasi muda khususnya di kerambitan untuk mengkreasikan serta melakukan inovasi di bidang seni dan budaya, sehingga akan menciptakan karakter generasi muda yang tangguh dan mampu melestarikan seni, budaya sebagai jati diri Bangsa.
“Oleh karena itu Saya berharap kegiatan ini terus dapat dilaksanakan di tahun-tahun mendatang sebagai upaya pelestarian seni dan budaya serta sebagai sarana yang dapat mendukung tercapainya tujuan pembangunan di Kabupaten Tabanan, yakni terwujudnya Tabanan yang Sejahtera, Aman dan Berprestasi,” imbuhnya.
Sebelum mengakhiri sambutan, pihaknya atas nama Pemerintah Kabupaten Tabanan menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Tabanan.
“Semoga semua rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan melalui momen ini dapat kita jadikan sebagai pembangkit semangat  untuk melanjutkan pengabdian kita bagi masyarakat Kabupaten Tabanan yang kita cintai,” tutup pihaknya.
Adapun rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Festival Kerambitan 5 Tahun 2109 ini, yakni pembukaan pada 17 Oktober 2019 malam diawali dengan penampilan Tari Bungan Sandat Serasi, Jangger Dura Negara (Tari Jangger Turis Asing) dan penampilan Desa Sembung Gede dan penampilan Desa Kerambitan dan penampilan Bleganjur dari Pemuda Desa Penarukan, Tibubiyu dan Klatting.
Hari kedua, 18 Oktober 2019 menampilkan music etnik kreasi dari Desa Meliling, Desa Samsam, Desa Kukuh, Desa Baturiti, Desa Kesiut dan penampilan Kesenian Andir Tista serta menampilkan salah satu band papan atas Bali, yakni Kiss Band. Dan dihari ketiga ada kegiatan yoga dari Aim Yoga mulai dari jam 06.30 wita sampai selesai di lapangan umum Kerambitan, dilanjutkan dengan kegiatan clean up day, Lomba Barong Bangkal, serta Penampilan Kesenian Bleganjur Kreasi 5 Desa, diantaranya Desa Belumbang, Pangkung Karung, Tista, Timpag dan Batuaji. (Rls/bpn/tim)