Kamis, Juni 20, 2024
BerandaBadungFestival Penarungan Jadi Ajang Promosi Desa Wisata

Festival Penarungan Jadi Ajang Promosi Desa Wisata

BADUNG, balipuspanews.com – Desa Penarungan, Mengwi, Badung, Bali menggelar festival tahun 2022. Festival yang menampilkan atraksi budaya, kuliner dan berbagai atraksi menarik lainnya dibuka Sekda Badung Waya Adi Arnawa, Jumat (2/11/2022).

Gelaran festival yang digelar pada tanggal 2-4 Desember ini diisi dengan dengan berbagai kegiatan promosi desa wisata desa penarungan berupa atraksi kuliner, budaya, dan hiburan, pengenalan desa digital, pameran kerajinan dan UMKM, dan berbagi lomba-lomba.

Dalam kesempatan itu, Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa mengatakan, atas nama Pemkab Badung memberikan apresiasi dengan gelaran Festival Penarungan 2022. Ia menuturkan disaat memasuki recovery pariwisata di Badung ini, Desa Penarungan mampu menggelar event yang luar biasa.

“Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya destinasi di Badung ini akan memberikan ruang dalam mendorong pariwisata di wilayah Kabupaten Badung,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Badung, I Wayan Suyasa memberikan apresiasi terhadap kegiatan-kegiatan seperti ini karena proses pemberdayaan dari oleh masyarakat, dan tentunya betul-betul terimplementasi pada kepentingan masyarakat yang ada di wilayah.

BACA :  Eks Ajudan Prabowo, Sudaryono Digadang Jadi Gubernur Pilihan Masyarakat Jateng

“Pada prinsipnya karena Desa Penarungan yang sudah diberikan brandid desa wisata oleh Pemerintah Kabupaten Badung, tentunya brand ini harus kita jaga dan dikembangkan. Tidak hanya sebagai brand semata, sejauh mana kita di wilayah desa Penarungan melalui tokoh-tokoh masyarakat, pimpinan desa, semua harus bahu membahu untuk membranding desa wisata ini kepada khalayak umum agar bisa berkembang,” ucap Politisi asal Desa Penarungan ini.

Lebih lanjut, Wayan Suyasa mengatakan bahwa harus menghargai apresiasi yang telah diberikan pemerintah.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini dan kelihatan semarak masyarakat yang mendukung. Tentunya kami bagian dari tokoh masyarakat Penarungan yang ada di wakil rakyat akan mensupport kegiatan ini dan tetu akan mengembangkan dengan kegiatan-kegiatan positif tentunya berorientasi kepada kepentingan masyarakat,” tuturnya.

Pihaknya menuturkan seperti yang di katakan bapak sekda bahwa pendapatan hasil daerah Badung secara umum bersumber dari sektor pariwisata. Jadi harus memiliki inovasi-inovasi dalam pengembangan di sektor pariwisata.

“Tidak hanya sebatas Badung Selatan saja, karena kita ingin masyarakat kita menikmati kuenya pariwisata yang ada di Badung Utara khususnya di desa kami (Desa Penarungan,red). Semua sudah tersedia baik kuliner, umkm, dan sudah ada akomodasi wisata yang lain,” pintanya.

BACA :  Serati di Sempidi Dikenalkan Manajemen dan Pemasaran Digital

“Dan itu lah yang akan kami kembangkan untuk menambah sektor-sektor APBDes khususnya di Desa Penarungan dan mensupport APBD Kabupaten Badung melalui sektor pariwisata,” tambahnya.

Ketua panitia Festival Penarungan 2022 berharap melalui kegiatan ini nantinya mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Desa Penarungan, yang kedua mengembangkan Desa Penarungan dan ketiga memberikan motivasi kepada masyarakat untuk memaparkan ide-ide kreatif yang bisa mendukung desa wisata.

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular